logo

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi 9 Aplikasi Badilag

Written by it-pamgl.

Written by it-pamgl. Hits: 36

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi 9 Aplikasi Badilag

 

WhatsApp Image 2019 10 28 at 14.01.48

 

MUNGKID, Melalui surat bernomor 3396/DjA/OT.02.1/VII/2019 perihal Uji Coba 9 (Sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, Dirjen Badilag peluncuran 9 aplikasi layanan terdiri dari 5 (lima) layanan langsung untuk masyarakat pencari keadilan yaitu Notifikasi Perkara, Informasi Produk Pengadilan, Antrean Sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center; dan 4 (empat) layanan yaitu : PNBP Fungsional, E-Eksaminasi, E-Register dan E-Keuangan diperuntukan bagi intern Pengadilan Agama. Kesembilan aplikasi ini telah di launching tanggal 18 September 2019.

Untuk memberikan respon yang baik atas peluncuran aplikasi tersebut Hari ini, Senin tanggal 28 Oktober 2019 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ke-91 Pengadilan Agama Se Keresidenan Kedu menyelenggarakan sosialisi penggunaan aplikasi tersebut dengan melibatkan steack holder seperti Ketua, Sekretaris, Panitera dan Tim IT masing-masing Pengadilan, acara tersebut juga bersamaan dengan rapat kordinasi yang mengambil tempat wilayah Pengadilan Agama Mungkid dan nampak hadir Drs. Muh. Uzair Panitera dan Nani Rokhimah,S.H. Sekretaris PA Purworejo mengikuti dengan setia dan memberikan support atas terselenggaranya dan beroperasinya 9 aplikasi dimaksud.

Dalam sambutannya, Ketua Kordinator Se Wilayah Keresidenan Kedu Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. menyampaikan, bahwa acara sosialisasi ini tidak lagi melakukan pengkajian teori dan latar belakang pelaksanaan 9 aplikasi tersebut, akan tetapi kita harus langsung aksi, sehingga besok atau lusa semua pengadilan agama di wilayah keresidenan kedu sudah siap dioperasikan. Oleh karenanya, Saya minta lanjut Ketua Kordinator hari ini diskusi juga memutuskan hari penggunaan dan menginventarisir kebutuhan dalam pengoperasian ke 9 aplikasi tersebut, sehingga dua hari kedepan semua sudah terpasang tanpa kecuali.

Acara pemaparan materi dan diskusi dipandu oleh Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I., Ketua Pengadilan Agama Purworejo dengan narasumber Drs. H. Chotibul Umam, S.H., M.H. yang juga salah seorang satgas SIPP pada PTA Semarang. Dalam pengantarnya Dr. H. Agus Yunih, S.H., M.H.I. menyampaikan “saat ini suka tidak suka mau tidak mau warga peradilan terutamanya hakim harus mampu menggunakan dan menerapkan ke 9 aplikasi tersebut, artinya seluruh hakim dan seluruh pejabat kepaniteraan bahkan seluruh pegawai pada Pengadilan Agama harus ramah terhadap teknologi dan 9 aplikasi dimaksud, dan tanggal 30 Oktober 2019 seluruh PA di Keresidenan Kedu harus sudah memasang 9 aplikasi tersebut tanpa kecuali dan tanpa alasan apapun.

Usai menyampaikan berbagai hal terkait 9 aplikasi inovasi badilag, Ketua kordinator Sahidin Mustafa didampingi Agus Yunih melakukan inventarisasi kekuatan kelengkapan baik hardware maupun software setiap satuan kerja secara real dan dicocokan dengan data pada 9 aplikasi dimaksud untuk segera direalisasikan, sehingga pada tanggal 1 Nopember 2019 semuanya sudah bisa beroperasi.

 

1 3

 

Disepakati di dalam rapat kordinasi yang dipandu oleh Ketua Kordinator Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H dan disampingi Dr. H. Agus Yunih, S.H., M.H.I. point-point sebagai berikut :

1. Setiap satker/pengadilan agama di wilayah keresidenan kedu pada tanggal 30 Oktober 2019 harus/wajib sudah terpasang ke-9 aplikasi tersebut;
2. Bagi satker yang belum memiliki perangkat agar ke 9 aplikasi tersebut dapat di akses dan diopesikan, pembeliannya akan dibantu oleh kordinator dengan cara beriyuran, dan pembeliannya diserahkan kepada Tim IT sekeresidenan Kedu;
3. Untuk keseragaman "desain template" atau tampilan 9 aplikasi tersebut akan dirumuskan oleh tim IT dengan mengacu atau memedomani disain template milik Pengadilan Agama Purworejo yang merupakan hasil innovasi Agung Dwi Andriyatmoko, A.Md.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diikuti Hymne Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh wakil ketua PA Mungkid Drs. H. Ayif, M.H. (Humas)

Sumber :http://www.pa-purworejo.go.id/berita/pa-purworejo/198-rapat-koordinasi-dan-sosialisasi-9-aplikasi-badilag

Statistik Pengunjung Website

0094818
Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Jumlah
192
357
2356
94818

16.99%
38.02%
7.36%
0.84%
0.17%
36.62%
Online (15 minutes ago):11
11 guests
© 2018 Team IT Pengadilan Agama Magelang Powered by Sambudhi