logo

Pos Bantuan Hukum

on .

on . Hits: 5

Layanan Pos Bantuan Hukum

 

Pos Bantuan Hukum (Posbakum) merupakan lembaga pemberian jasa hukum yang difasilitasi oleh negara melalui pengadilan agama, bertugas memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu. Petugas Posbakum bisa dari advokat, sarjana hukum dan sarjana syariah yang tergabung dalam lembaga profesi advokat maupun LBH perguruan tinggi sebagaimana diatur dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2014.

Layanan hukum meliputi informasi, konsultasi, dan advis hukum serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Posbakum  berjalan sejak 2018, mendapatkan anggaran dari Mahkamah Agung untuk mengelola Posbakum.

Pengadilan Agama Magelang bekerjasama dengan LKBH Universitas Muhammadiyah Magelang  untuk membentuk Posbakum karena Posbakum merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dalam hal pengabdian kepada masyarakat yang memerlukan bantuan hukum. Posbakum akan ditangani oleh  Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Islam  yang saat ini telah berbadan hukum.

Penandatanganan perjanjian pelayanan bantuan hukum ini dilaksanakan di ruang rapat Pengadilan Agama Magelang pada Rabu (13/2) pukul 09.00 WIB yang disaksikan oleh Panitera Pengadilan Agama Magelang, Sekretaris Pengadilan Agama Magelang, dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM).

Pemberian Jasa Layanan Posbakum oleh LKBH UMM ini mulai dilaksanakan sesuai dengan SPMK dari Pejabat Pembuat Komitmen pada Hari ini tanggal 13 Februari 2019 dengan waktu penyelesaian pekerjaan 200 (dua ratus) hari kerja, sehingga bagi masyarakat yang tidak mampu dapat segera memperoleh fasilitas layanan Posbakum ini.

© 2018 Team IT Pengadilan Agama Magelang Powered by Sambudhi