logo kecilPENGADILAN AGAMA MAGELANG
Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan, Kota Magelang 56123

KPA MAGELANG OPTIMISTIS DENGAN KINERJA KETUA MA TERPILIH

KPA MAGELANG OPTIMISTIS DENGAN KINERJA KETUA MA TERPILIH

IMG 0758 

Magelang I 8/4/2020

Ketua Pengadilan Agama Magelang, Akhmad Kholil Irfan, S.Ag., S.H., M.H optimistis kinerja Mahkamah Agung semakin baik pasca terpilihnya Hakim Agung Muhammad Syarifuddin sebagai ketua Mahkamah Agung (MA) baru, menggantikan posisi M Hatta Ali yang pensiun pada Selasa, 7 April 2020 lalu. Bahkan ia menyebut sosok Ketua MA baru sebagai figur yang tepat di zamannya.

kma baru

Secara khusus orang nomor satu di Pengadilan Agama Magelang yang menjabat sejak 30 Agustus 2018 itu berharap agar Ketua MA yang baru lebih memanusiakan Hakim dan mampu mengayomi empat lingkungan peradilan di bawahnya. “(Ketua MA baru harus) lebih memanusiakan Hakim. Karena pada prinsipnya (eksistensi) peradilan ya hakim, perkara, bukan administrasi”, terangnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya Syarifuddin terpilih dalam Sidang Paripurna Khusus Pemilihan Ketua MA yang dilaksanakan di Ruang Prof Kusumaatmaja, Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Senin (6/4). Syarifuddin mengumpulkan 32 suara, mengalahkan calon lainnya, Hakim Andi Samsan Nganro yang hanya mengantongi 14 suara.

Dalam proses pemilihan ini, sebanyak 47 hakim agung memiliki hak pilih. Dari 47 hakim agung yang memiliki hak pilih, hanya satu yang abstain. Proses pemilihan dilakukan dua putaran, karena pada putaran pertama, tidak ada calon yang memenuhi suara 50 persen ditambah 1 suara yang sah.

Pada putaran pertama, Syarifuddin mengumpulkan 22 suara, sementara di posisi berikutnya ada Andi Samsan Nganro yang mengantongi 14 suara. Kemudian, Sunarto mengoleksi 5 suara. Berikutnya yakni Amran Suadi, Suhadi, dan Supandi masing-masing mengantongi satu suara.

Pemilihan Ketua MA hanya dihadiri pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, dan Hakim Ad Hoc di Mahkamah Agung. Selain itu, seluruh peserta yang hadir dalam sidang paripurna juga tampak mengenakan masker. Mereka juga dicek suhu tubuh sebelum masuk ke ruang sidang.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Magelang

Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan,

Magelang Selatan

Kota Magelang 56123

Telp. (0293) 3148500, Fax : (0293) 3148400

Email 1 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email 2 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram : @pamagelang

Youtube : Pengadilan Agama Magelang