logo kecilPENGADILAN AGAMA MAGELANG
Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan, Kota Magelang 56123

Moh Amin, S.H.,M.H. Resmi Menjabat Sebagai Panitera Magelang

Moh Amin, S.H.,M.H. Resmi Menjabat Sebagai Panitera Magelang

 

PA_Magelang, 23/10/2020. Sesuai dengan agenda yang telah direncanakan sebelumnya pada hari ini bertempat di Ruang Resepsionis, Ketua PA Magelang H. Abdul Halim Muhamad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H. melantik Panitera Moh Amin, S.H., M.H. pada pukul 10.00 WIB. Selain hadir bersama istri dan anak turut hadir juga dalam acara tersebut Wakil Ketua, Hakim, Panitera PA Temanggung dan Panitera Muda Permohonan PTA Semarang. Dalam perkenalannya Moh Amin, S.H., M.H. mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Pegawai PA Magelang dan juga mengharapkan bimbingan dari seluruh pegawai PA Magelang. Semoga dengan terisinya jabatan Panitera yang sebelumnya sempat kosong dapat menambah kelancaran dan kesuksesan terhadap pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.  

Bedah Buku Melalui Virtual Meeting “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”

Gelar Wicara Peluncuran Buku “Wanprestasi dan Perbuatan Melawan Hukum dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”

 

PA_Magelang, 23/10/2020. Warga Pengadilan Agama seluruh Indonesia menyambut gembira acara webinar bedah buku Wanprestasi Dan Perbuatan Melawan Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah karya Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH., M.Hum yang diselenggarakan oleh Dirjen Badilag MA RI bekerjasama dengan BNI Syariah. Acara termasuk isi buku tersebut akan menambah suntikan pengetahuan dan kelimuan di bidang hukum ekonomi syariah terutama berkaitan dengan tupoksi hakim Pengadilan Agama seluruh Indonesia. Tampil dalam acara tersebut Bapak Ketua Kamar Agama MA RI, Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH., M.Hum sebagai penulis buku, serta sebagai pembedah hadir Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, S.H., M.Ag (Guru besar UIN Maulana Malik Ibrahim), Ah. Azharuddin Latif, M.Ag., M.H (Pengurus Pusat MES) dan Ibu Tribuana Tunggadewi (Direktur Resiko dan Kepatuhan PT. Bank BNI Syariah). Penulis menjelaskan bahwa buku tersebut terdiri dari 4 bab, yaitu bab 1 Pendahuluan, bab 2 membahas tentang wanprestasi dan akibat hukumnya , bab 3 mengulas tentang Perbuatan Melawan Hukum dalam ekonomi syariah dan bab 4 membahas tentang  keadaan memaksa. Pembedah secara umum, terutama Prof. Dr. Mohamad Nur Yasin, S.H., M.Ag mengatakan bahwa secara metodologis judul buku terelaborasi secara baik dalam pendahuluan dan pembahasan, kaya akan contoh praktis perkara ekonomi syariah yang diselesaikan di Pengadilan Agama. Penulisan buku mengikuti trend kajian terkini yaitu integratif, interdisipliner, pluralisme dan eklektisime hukum. Dilengkapi dengan contoh penerapan teori tertentu dalam putusan Pengadilan Agama. Juga ada pengantar ketua MA RI dan ketua Podhesi. Sementara kekurangan dalam buku tersebut belum ada penutup, rekomendasi teoritis dan praktis.

Penataan Tempat Persiapan Pelantikan Panitera

Penataan Tempat Persiapan Pelantikan Panitera

 

Magelang, 22/10/2020. Imdad, S.H.I., M.H., Ulfa Fithriani, S.H.I.,M.H. (Hakim) dan juga Sugeng Triyono, S.H (Kasubbag Umum dan Keuangan) Magelang tampak sedang memberikan instruksi kepada Pegawai dan Mahasiswa PPl Universitas Muhammadiyah Magelang. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan pelantikan Panitera yang rencananya akan dilaksanakan besok pada hari jum'at pukul 09.00 WIB. Pejabat yang akan dilantik adalah Moh Amin, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Muda Permohonan di Pengadilan Agama Temanggung. Selain menjabat sebagai Panitera Muda Permohonan, beliau juga pernah menjabat sebagai Jurusita Pengganti di PA Semarang (1996), Panitera Pengganti PA Demak (2006), Panitera Pengganti PA Semarang (2007), Panitera Pengganti PA Kendal (2015).   

 

Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu

Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu

 

Magelang, 19/10/2020. Kedatangan tim Observasi Implementasi Penjaminan Mutu PTA Semarang di PA Magelang sungguh tidak terduga, dimana sebelumnya Srie Nurhandayani, S.H., M.H. yang bertugas sebagai Sekretaris dalam Tim Observasi sempat menyamar sebagai pihak dan sempat melakukan sidak di Ruang Tunggu Sidang dan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu PA Magelang. Setelah melakukan sidak kemudian tidak berselang lama seluruh Tim dari PTA Semarang yang Dipimpin oleh H. Zulfikar Arif, P.,S.H.,M.H. sebagai Asesor datang untuk melakukan cek fisik dan juga kelengkapan dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu yang ada di PA Magelang. Setelah selesai melakukan observasi kemudian Asesor dari PTA Semarang menyerahkan hasil-hasil temuan yang kemudian dituangkan dalam kontrak kinerja yang harus diselesaikan dalam jangka waktu satu bulan kedepan. Di akhir acara kemudian diadakan foto bersama seluruh Pegawai PA Magelang dan juga Tim Asesor dari PTA Semarang.

 

 

 

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Magelang

Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan,

Magelang Selatan

Kota Magelang 56123

Telp. (0293) 3148500, Fax : (0293) 3148400

Email 1 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email 2 : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram : @pamagelang

Youtube : Pengadilan Agama Magelang