logo

Penerimaan Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Purwokerto

Penerimaan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Syariah IAIN Purwokerto

 

ppl

 

 

PaMagelang, 06 Januari 2020

Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Purwokerto yang terdiri dari pada hari ini resmi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di PA Magelang. Setelah sebelumnya pada pukul 09.00 WIB para mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengadakan acara serah terima PPL di ruang rapat PA Magelang. Hal ini sesuai dengan surat permohonan sebelumnya nomor P-165/In.17/Kalab.FS/PPL/PP.09/XII/2019 perihal Pemberitahuan Penyerahan Peserta PPL. Dalam sambutannya Dosen Pembimbing Lapangan memberikan banyak terima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kampus dan juga guna menambah wawasan tentang praktik langsung di pengadilan, dosen pembimbing juga memberikan pesan kepada para mahasiswa agar dapat bersungguh-sungguh dan menggunakan kesempatan yang ada di PA Magelang dengan sebaik-baiknya.  

 

pplll

 

ppll

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penandatanganan Perpanjangan Kontrak PPNPN Pengadilan Agama Magelang

Penandatanganan Kontrak Kerja PPNPN dan Penyerahan SK PPNPN Tahun Anggaran 2020 

 

ttd

 

 

PaMagelang, 31 Desember 2019

Penandatanganan perpanjangan kontrak kerja PPNPN dan penyerahan SK Pengangkatan kembali PPNPN Tahun Anggaran 2020 berlangsung di ruang rapat PA Magelang, dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Kasubag Kepegawaian dan Ortala juga seluruh PPNPN. PPNPN PA Magelang berjumlah 8 orang yang terdiri dari satu orang pengemudi, dua orang satpam dan lima orang pramubakti. Dalam arahannya Ketua dan Wakil Ketua PA Magelang memberikan semangat kepada seluruh PPNPN agar dapat lebih meningkatkan kinerja dari yang selama ini sudah baik menjadi lebih baik lagi. 

 

wj

 

sk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peresmian Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Magelang

Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Magelang

 

atas

 

 

PaMagelang, 31 Desember 2019

Bertempat di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang baru saja selesai dibangun, seluruh pegawai berkumpul dan berdoa bersama dalam rangka peresmian ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang baru saja selesai direnovasi. Dimana ruangan baru tersebut menggantikan ruang kepanitearaan yang telah berpindah tempat. Dalam acara peresmian tersebut selain dihadiri seluruh pegawai juga keluarga dari para pegawai. Dalam sambutannya Ketua PA Magelang Ahmad Kholil Irfan,S.Ag., S.H., M.H. memberikan nasehat agar seluruh pegawai dapat senantiasa menjaga kekompakan dan juga kerjasama agar tercipta suasana kerja yang nyaman dan kondusif. 

 

sbt

 

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada tiga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) PA Magelang Siti Anisah, S.H., Ahmad Saiful Anwar, dan Majid Taqiyudin, A.Md dimana penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pimpinan karena bakti mereka selama satu tahun dari bulan januari 2019 sampai dengan bulan desember 2019. Kemudian sebelum acara penutup yaitu pemotongan tumpeng Wakil Ketua PA Magelang H. Abdul Halim Muhamad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H. memberikan tausiah singkat dan juga pembacaan doa. 

 

ppn

 

tsh

 

tp

 

 

 

Rapat Bulanan Persiapan Akhir Tahun 2019 dan Awal Tahun 2020

RAPAT BULANAN DALAM RANGKA PERSIAPAN MENGHADAPI AKHIR TAHUN 2019 DAN AWAL TAHUN 2020

 

rapat

 

PAMAGELANG, 27 Desember 2019

Pukul 14.00 WIB diadakan rapat bulanan dalam rangka persiapan menghadapi akhir tahun 2019 dan juga awal tahun 2020. Hal ini sebagaimana sambutan yang dikemukakan oleh Ketua PA Magelang Ahmad Kholil Irfan,S.Ag., S.H., M.H. dalam rapat bulanan yang diadakan pada hari jumat bertempat di ruang rapat PA Magelang. Isi rapat tersebut diantaranya membahas tentang berbagai laporan yang harus diselesaikan pada akhir tahun, baik Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIp), Laporan Perkara dan juga  Laporan Keuangan.

 

peserta

Dalam rapat tersebut juga membahas tentang penataan ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang baru saja selesai dan segera bisa digunakan guna kelancaran pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. 

 

ptsp

 

 

Surveillance II Akreditasi Penjaminan Mutu

Surveillance II Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Agama Magelang

4

 

 

PA_Magelang,15/11/2019, Pelaksanaan Surveillance II Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Assesor PTA Semarang yang berjumlah 4 orang dan diketuai oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.H. sampai di PA Magelang dan langsung disambut Oleh Ketua  Ahmad Kholil Irfan,S.Ag., S.H., M.H., Wakil Ketua H. Abdul Halim Muhamad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H., Hakim Imdad, S.H.I., M.H.dan juga Panitera dan Sekretaris, bertempat di ruang tamu ketua. Dimana sebelumnya tim melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang berkaitan dengan APM baik  dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), ruang sidang dan juga beberapa sarana dan prasarana yang mendukung penilaian APM itu sendiri.

 2

Acara kemudian dilanjutkan di ruang rapat dan diikuti oleh seluruh pegawai PA Magelang. Dalam sambutannya ketua tim assesor menyampaikan beberapa poin penilaian diantaranya penelusuran dokumen dan juga observasi. Observasi meliputi pelaksanaan slogan 5R ( Resik, Rapi, Rawat, Rajin dan Ringkas), 3S ( Senyum, Sapa dan Salam), pojok E-court, keberlanjutan pelaksanaan manajemen resiko, survey kepuasan masyarakat dan juga pelaksanaan kontrak kinerja apakah sudah diadakan tindak lanjut atau belum. 

5

Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Ketua PA dan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh masing-masing assesor kepada perwakilan pegawai PA Magelang. Kemudian ekspose terhadap temuan-temuan yang ada baik dari kesekretariatan dan juga kepaniteraan. 

1

Pembinaan dan Pengawasan serta Monitoring 9 (Sembilan) Aplikasi di Pengadilan Agama Magelang

Pembinaan dan Pengawasan serta Monitoring 9 (Sembilan) Aplikasi di Pengadilan Agama Magelang

cover

Senin, 12 Nopember 2019, Hakim Tinggi Pengawas Daerah Drs. Heru Marsono, SH., MH melakukan Pembinaan dan Pengawasan serta Monitoring 9 (Sembilan) Aplikasi Peradilan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Magelang. Hatibinwasda tiba di Pengadilan Agama Magelang  pukul 09.00 WIB.

 rtk

Setibanya di Pengadilan Agama Magelang, Hatibinwasda PTA Semarang  disambut oleh Ketua PA Magelang, Akhmad Kholil Irfan S.Ag., S.H. M.H., Wakil Ketua H. Abdul Halim Muhamad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H., Panitera Drs. Saefudin, Sekretaris Parjono, S.H.  di ruang tamu ketua PA Magelang. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan surat tugas nomor W11-A/3984/Kp.01.1/XI/2019 tanggal 05 Nopember 2019 perihal Pembinaan dan Pengawasan serta Monitoring 9 (Sembilan) Aplikasi Peradilan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama. Selain melaksanakan pengawasan terkait Manajemen Peradilan/Pelayanan Publik, Administrasi Peradilan dan Pelaksanaan Putusan, Administrasi Perkara dan Kinerja Pelayanan Publik, serta Administrasi Umum.

ekspose

Pada hari kedua, Hatibinwasda menggelar ekspos terhadap hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan sehari sebelumnya. Ekspos dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB di ruang sidang  utama Pengadilan Agama Magelang dengan dihadiri oleh pimpinan, para hakim, serta karyawan karyawati Pengadilan Agama Magelang. Ekspos dibuka oleh KPA Magelang dan beliau mengucapkan terima kasih kepada Hatibinwasda PTA Semarang dan mempersilahkan untuk menyampaikan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan. Diawali dari penyampaian pesan dari KPTA Semarang diantaranya tentang menjaga kerukunan dan keakraban di lingkungan Pengadilan Agama, Pemberian apresiasi terhadap pencapaian raport SIPP setiap minggunya, dan juga evaluasi 9 aplikasi yang hampir berjalan seluruhnya. Selain itu Hatibinwasda juga berpesan tentang optimalisasi penyerapan anggaran guna menghadapi ahir tahun. Pada ahir ekspos dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan usulan dari pegawai PA Magelang yang kemudian akan disampaikan dan ditindak lanjuti oleh PTA Semarang.

pb

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2019

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2019

 

atas

 

PA_Magelang, Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1561/SEK/HM.01.2/11/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, maka dengan ini, Pengadilan Agama Magelang melaksanakan Upacara Hari Pahlawan dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini”. Menjadi pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi - aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainya.

 

kpa

 

Dalam pidatonya Akhmad Kholil Irfan S.Ag., S.H. M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Magelang sekaligus Pembina Upacara menyampaikan, bahwa wajib bagi kita untuk menghormati jasa-jasa para Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. penghormatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya memanfaatkan waktu kita, tenaga kita, untuk digunakan dalam hal-hal yang positif dan menjadi pahlawan masa kini.

 

1

 

Upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan pada pukul 08.00 bertempat di Pengadilan Agama Magelang dengan diikuti oleh seluruh pegawai PA Magelang. Adapun yang bertugas sebagai Komandan Upacara adalah charis Budi Nasucha, Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 M. Nalina Zaky Afif (Mahasiswa Praktek Magang), Pembaca Doa Drs. Saefudin.

 

kpu

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi 9 Aplikasi Badilag

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi 9 Aplikasi Badilag

 

WhatsApp Image 2019 10 28 at 14.01.48

 

MUNGKID, Melalui surat bernomor 3396/DjA/OT.02.1/VII/2019 perihal Uji Coba 9 (Sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, Dirjen Badilag peluncuran 9 aplikasi layanan terdiri dari 5 (lima) layanan langsung untuk masyarakat pencari keadilan yaitu Notifikasi Perkara, Informasi Produk Pengadilan, Antrean Sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center; dan 4 (empat) layanan yaitu : PNBP Fungsional, E-Eksaminasi, E-Register dan E-Keuangan diperuntukan bagi intern Pengadilan Agama. Kesembilan aplikasi ini telah di launching tanggal 18 September 2019.

Untuk memberikan respon yang baik atas peluncuran aplikasi tersebut Hari ini, Senin tanggal 28 Oktober 2019 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ke-91 Pengadilan Agama Se Keresidenan Kedu menyelenggarakan sosialisi penggunaan aplikasi tersebut dengan melibatkan steack holder seperti Ketua, Sekretaris, Panitera dan Tim IT masing-masing Pengadilan, acara tersebut juga bersamaan dengan rapat kordinasi yang mengambil tempat wilayah Pengadilan Agama Mungkid dan nampak hadir Drs. Muh. Uzair Panitera dan Nani Rokhimah,S.H. Sekretaris PA Purworejo mengikuti dengan setia dan memberikan support atas terselenggaranya dan beroperasinya 9 aplikasi dimaksud.

Dalam sambutannya, Ketua Kordinator Se Wilayah Keresidenan Kedu Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. menyampaikan, bahwa acara sosialisasi ini tidak lagi melakukan pengkajian teori dan latar belakang pelaksanaan 9 aplikasi tersebut, akan tetapi kita harus langsung aksi, sehingga besok atau lusa semua pengadilan agama di wilayah keresidenan kedu sudah siap dioperasikan. Oleh karenanya, Saya minta lanjut Ketua Kordinator hari ini diskusi juga memutuskan hari penggunaan dan menginventarisir kebutuhan dalam pengoperasian ke 9 aplikasi tersebut, sehingga dua hari kedepan semua sudah terpasang tanpa kecuali.

Acara pemaparan materi dan diskusi dipandu oleh Dr. Agus Yunih, S.H., M.H.I., Ketua Pengadilan Agama Purworejo dengan narasumber Drs. H. Chotibul Umam, S.H., M.H. yang juga salah seorang satgas SIPP pada PTA Semarang. Dalam pengantarnya Dr. H. Agus Yunih, S.H., M.H.I. menyampaikan “saat ini suka tidak suka mau tidak mau warga peradilan terutamanya hakim harus mampu menggunakan dan menerapkan ke 9 aplikasi tersebut, artinya seluruh hakim dan seluruh pejabat kepaniteraan bahkan seluruh pegawai pada Pengadilan Agama harus ramah terhadap teknologi dan 9 aplikasi dimaksud, dan tanggal 30 Oktober 2019 seluruh PA di Keresidenan Kedu harus sudah memasang 9 aplikasi tersebut tanpa kecuali dan tanpa alasan apapun.

Usai menyampaikan berbagai hal terkait 9 aplikasi inovasi badilag, Ketua kordinator Sahidin Mustafa didampingi Agus Yunih melakukan inventarisasi kekuatan kelengkapan baik hardware maupun software setiap satuan kerja secara real dan dicocokan dengan data pada 9 aplikasi dimaksud untuk segera direalisasikan, sehingga pada tanggal 1 Nopember 2019 semuanya sudah bisa beroperasi.

 

1 3

 

Disepakati di dalam rapat kordinasi yang dipandu oleh Ketua Kordinator Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H dan disampingi Dr. H. Agus Yunih, S.H., M.H.I. point-point sebagai berikut :

1. Setiap satker/pengadilan agama di wilayah keresidenan kedu pada tanggal 30 Oktober 2019 harus/wajib sudah terpasang ke-9 aplikasi tersebut;
2. Bagi satker yang belum memiliki perangkat agar ke 9 aplikasi tersebut dapat di akses dan diopesikan, pembeliannya akan dibantu oleh kordinator dengan cara beriyuran, dan pembeliannya diserahkan kepada Tim IT sekeresidenan Kedu;
3. Untuk keseragaman "desain template" atau tampilan 9 aplikasi tersebut akan dirumuskan oleh tim IT dengan mengacu atau memedomani disain template milik Pengadilan Agama Purworejo yang merupakan hasil innovasi Agung Dwi Andriyatmoko, A.Md.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diikuti Hymne Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh wakil ketua PA Mungkid Drs. H. Ayif, M.H. (Humas)

Sumber :http://www.pa-purworejo.go.id/berita/pa-purworejo/198-rapat-koordinasi-dan-sosialisasi-9-aplikasi-badilag

Pendaftaran Surat Kuasa

PENDAFTARAN SURAT KUASA KHUSUS DAN SURAT KUASA INSIDENTIL

 

1. Untuk Kuasa Hukum / Advokat

  1. Surat Kuasa yang sudah ditandatangani pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa;
  2. Melampirkan ID Card (kartu pengenal) yang masih berlaku;
  3. Melampirkan Berita Acara Sumpah;
  4. Membayar PNBP Sebesar Rp. 5000,- (lima ribu rupiah)

2. Untuk Kuasa Insidentil

  1. Calon Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa datang menghadap ke Pengadilan Agama Bima;
  2. Fotokopi KTP pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa;
  3. Menandatangani Surat Kuasa Insidentil dihadapan Pejabat yang berwenang;
  4. Membuat Surat Permohonan untuk menjadi kuasa;
  5. Surat Izin dari Ketua Pengadilan untuk beracara di Pengadilan Agama Bima;
  6. Melampirkan Surat Keterangan dari Kelurahan yang menyatakan bahwa antara Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa mempunyai hubungan darah;
  7. Membayar PNBP Sebesar Rp. 5000,- (lima ribu rupiah).

13 Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Praktik Hukum dan Magang di Pengadilan Agama Magelang

13 Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Praktik Hukum dan Magang di Pengadilan Agama Magelang

serah 

 

PA Magelang || 28 Oktober 2019.

Menindaklanjuti surat dari Universitas Islam Indonesia Fakultas Ilmu Agama Islam Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)  Nomor : 4753/Dek/10/AS/FIAI/X/2019 Perihal Permohonan Izin Praktik Hukum dan Magang, pada hari ini bertempat di ruang rapat Ketua PA Magelang Akhmad Kholil Irfan S.Ag., S.H. M.H. menerima 13 mahasiswa UII yang akan melaksanakan praktik hukum dan magang. Didampingi Fauziah, S.H Kasubag Kepegawaian dan Ortala dan Sugeng Triyono, S.H. Kasubag Umum dan Keuangan. Adapun dosen pembimbing dari UII adalah Ilham Ghofar, S.H. 

 

ilham

 

Sebelum menyerahkan mahasiswa Ilham Ghofar, S.H. meminta izin kepada Ketua Pengadilan Agama Magelang agar para mahasiswa magang dapat diberikan bimbingan supaya dapat lebih mengenal apa yang ada di PA Magelang. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Magelang berupa ucapan selamat datang kepada dosen pembimbing dan para mahasiswa magang. Ketua PA Magelang juga berpesan kepada para mahasiswa karena mereka adalah calon pemimpin di masa depan. Bertindak sebagai Hakim Pendamping dari PA Magelang adalah Imdad, S.H.I., M.H. dan Himmatul Aliyah, S.Ag. 

sambutan

 

Setelah Acara Serah terima mahasiswa selesai dilakukan maka diadakan foto bersama di depan resepsionis Pengadilan Agama Magelang.

pb

Statistik Pengunjung Website

0107993
Hari ini
Minggu ini
Bulan ini
Jumlah
634
2464
5940
107993

16.59%
41.32%
7.73%
0.79%
0.18%
33.39%
Online (15 minutes ago):7
7 guests
© 2018 Team IT Pengadilan Agama Magelang Powered by Sambudhi