Ini Tiga Bentuk APS di Magistrates Court of Victoria

oleh : Admin_PaMgl, Kategori: Berita Badilag, Sudah dibaca : 796 kali

Melbourne | Badilag.net

Memasuki hari ketiga kunjungan kerja di Australia, anggota Pokja Mediasi MA RI disuguhi presentasi tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) di Pengadilan Magistrate Melbourne. Dipimpin oleh hakim agung Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LL.M., delegasi studi banding langsung diterima oleh Chief Magistrate of Victoria, Peter Lauritsen, di ruang pertemuan Lt. 7 pada Rabu (9/10/2013).

Sebelum memaparkan bentuk APS di pengadilannya, Chief Magistrate terlebih dahulu menjelaskan posisi Magistrates Court dalam struktur pengadilan di Australia. Sebagaimana diketahui, Australia adalah negara federal yang memiliki dua jenis pengadilan, yakni pengadilan federal (federal courts) dan pengadilan negara bagian (state courts).

Magistrates Court of Victoria adalah pengadilan yang berada dalam hirarki terbawah dalam struktur pengadilan negara bagian Victoria. Selain Magistrates Court, ada juga beberapa pengadilan dan tribunal yang setingkat atau hampir setingkat dengan Magistrates ini seperti Pengadilan Anak (Children’s Court of Victoria) dan Pengadilan spesialisasi kematian dan kebakaran (Coroner’s Court of Victoria).

Sedangkan yang berbentuk tribunal adalah Victims of Crime Assistance Tribunal (VOCAT) dan Victorian Civil and Administrative Tribunal (VCAT). Diatas pengadilan Magistrates Court ini adalah County Court (District Court) of Victoria dan kemudian pengadilan tertinggi untuk negara bagian Victoria, yakni Supreme Court of Victoria.

“Kami menangani kurang lebih 300.000 kasus pertahun dengan 113 magistrate (hakim) yang tersebar di 54 lokasi di seluruh Victoria,” kata Peter Lauritsen yang diangkat menjadi ketua pengadilan sejak November 2012 lalu.

Pengadilan Magistrates mengadili berbagai jenis perkara seperti pidana ringan dan pelanggaran lalu lintas, tuntutan ganti rugi dan perselisihan perdata, hukum keluarga, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), intervensi pengadilan (intervention orders), denda, dan narkoba.

“95 persen perkara pidana di Victoria ditangani oleh pengadilan kami. Sisanya yang lima persen diadili oleh County Court dan Supreme Court karena termasuk perkara pidana berat,” lanjut Chief Magistrate Lauritsen.

Tiga Bentuk Alternatif Penyelesaian Sengketa

Untuk perkara perdata, Pengadilan Magistrates mengadopsi tiga jenis Alternatif Pe