Mahkamah Agung RI Terbitkan Perma No. 3 Tahun 2018

oleh : Admin_PaMgl, Kategori: Berita PA Magelang, Sudah dibaca : 853 kali

Mahkamah Agung RI Terbitkan Perma No. 3 Tahun 2018

Memasuki bulan April tahun 2018, Mahkamah Agung Republik Indonesia mengeluarkan inovasi berupa Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Peraturan ini dimaksudkan sebagai landasan hukum penyelenggaraan administrasi perkara di pengadilan secara elektronik untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi perkara yang profesional, transparan, akuntabel, efektif, efisien dan modern.

Dalam Pasal 1 ayat (5) disebutkan yang dimaksud dengan administrasi perkara secara elektronik adalah serangkaian penerimaan gugatan/permohonan, jawaban, replik, duplik dan kesimpulan, pengelolaan, penyampaian dan penyimpanan dokumen perkara perdata/agama/tata usaha militer/tata usaha negara dengan menggunakan sistem elektronik yang berlaku di masing-masing peradilan.

Sebagaimana dilansir dalam Situs Resmi Portal Berita Gatra, Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Dr. Abdullah, S.H., M.S., dalam siaran persnya mengatakan bahwa perma tersebut merupakan bentuk keseriusan MA merespon aspirasi masyarakat terkait modernisasi penyelenggaraan peradilan. Lebih lanjut, dalam keterangan resminya Kepala Biro Hukum dan Humas MA menyatakan bahwa Perma No. 3 Tahun 2018 merupakan reformasi di bidang hukum acara yang memanfaatkan papan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perma tersebut sangat relevan dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang sulit dijangkau dengan waktu yang cepat. Beliau menjelaskan Perma No. 3 Tahun 2018 akan memberikan kemudahan bagi siapapun untuk mengajukan tuntutan hak, baik gugatan maupun permohonan tanpa datang langsung ke pengadilan.

Perma No. 3 Tahun 2018 mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yakni 4 April 2018. Paling lambat 6 (enam) bulan sejak diberlakukanya perma ini, Sekretaris MA dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan menetapkan peraturan pelaksanan dan/atau perubahan ketentuan administrasi perkara yang diperlukan sesuai dengan karakteristik layanan dan perkara tiap-tiap peradilan. Pengadilan Agama Magelang sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman di bawah MA siap melakukan peningkatan mutu SDM serta sarana dan prasarana untuk mendukung terlaksananya peraturan tersebut.
 

Download Perma No. 3 Tahun 2018


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya