Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Agen Perubahan PA Magelang Fasilitasi Online Research Mahasiswa

Kota Magelang – Kamis (25/05/23) Agen Perubahan sekaligus Hakim PA Magelang, Muhamad Ainun Najib, S.H. memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang melaksanakan penelitian skripsi secara daring.

Adalah Dian Putri Hastuti, Mahasiswi UIN Walisongo Semarang dan Agil Mulya Gaffar, Mahasiswa UII Yogyakarta yang mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara secara daring terkait penelitian skripsinya.

Baca Juga: Rancang Aksi Perubahan, Dua Agen Perubahan PA Magelang Selaraskan Pemikiran

Kedua mahasiswa tersebut melakukan penelitian terhadap putusan dan penetapan Pengadilan Agama Magelang seputar asal-usul anak dari hasil perkawinan bawah tangan dan tentang penggunaan kesaksian testimonium de auditu dalam perkara isbat nikah kontentius.

Program penelitian secara daring tersebut merupakan salah satu program Agen Perubahan Tahun 2023 yang tujuannya mempermudah akses bagi para mahasiswa yang hendak melakukan penelitian di Pengadilan Agama Magelang.

Di tahun-tahun sebelumnya, penelitian yang dilakukan secara tatap muka dinilai kurang efektif dan efisien, khususnya dari segi waktu dan jarak. Tidak jarang, mahasiswa yang melakukan penelitian adalah mahasiswa-mahasiswa dari luar daerah Magelang yang harus menempuh jarak puluhan hingga ratusan kilometer untuk dapat sampai ke kantor PA Magelang.

Selain itu, penelitian masih harus menyesuaikan dengan jadwal Hakim menjadi narasumber penelitian. Hal ini tidak lepas dari kegiatan Hakim yang harus memprioritaskan penyelesaian perkara dan tugas administrasi lainnya.

Dengan adanya kesempatan penelitian secara daring tersebut, Agen Perubahan yang juga merupakan Humas PA Magelang tersebut berharap PA Magelang menjadi salah satu pengadilan yang peduli dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan.