Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur PA Magelang ikuti Webinar Gugatan Mandiri dan Peningkatan Akses Keadilan Bagi Perempuan

Magelang – Selasa (27/7/2022) pukul 14.00 WIB bertempat di Media Center Pengadilan Agama Magelang, Pimpinan, Aparatur Pegawai PA Magelang, dan Mahasiswa praktek kerja lapangan (PKL) dari UNDIP Semarang, UIN Salatiga, dan UNIMA mengikuti webinar optimalisasi gugatan mandiri dan E-Court untuk peningkatan akses keadilan bagi perempuan antara Badan Peradilan Agama (Badilag) dan Family Court of Australia.

Baca Juga: Kasubbag Umum dan Keuangan dan Operator PA Magelang Ikuti Workshop Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian/Lembaga semester I tahun 2022

Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. membuka acara dan sekaligus memberikan sambutan. Kerjasama antara Ditjen Badilag MA RI dan Family Court of Australia sudah terjalin sejak dahulu, diperkuat dengan adanya MoU 8 Desember 2020, tuturnya. Kemudian dipaparkan juga terkait 20 inovasi peningkatan kinerja oleh Pak Dirjen, mengawali webinar tersebut.

Selanjutnya, sambutan oleh The Hon Justice Suzy Christie sebagai perwakilan dari Family Court of Australia menyampaikan bahwa banyak sekali yang dapat dipelajari dari webinar ini terkait gugatan mandiri dan E-Court untuk meningkatkan akses keadilan bagi perempuan sekaligus pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

“Saya senang sekali bisa hadir disini dan semoga kerjasama bisa terus berlanjut. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai inovasi sangat bagus. Gugatan mandiri merupakan suatu kunci untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat” tutur Hakim Agung dari Australia ini.

Terdapat 2 pembicara dalam webinar tersebut yaitu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. terkait Implementasi Gugatan Mandiri pada Pengadilan Agama dan Dr. Rio Satria, S.H.I., M.E.Sy. terkait Administrasi dan persidangan elektronik di Pengadilan bagi pemenuhan hak perempuan dan anak.

Terakhir acara dilanjutkan tanggapan tanggapan beberapa peserta webinar gugatan mandiri dan E-Court tersebut. (Rka)