Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

Kota Magelang – Jum’at (28/10/2022) Aparatur Pengadilan Agama Magelang menggelar upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Magelang.

Baca Juga: Ketua Pengadilan Agama Magelang Menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Kota Magelang

Upacara yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB, diikuti oleh seluruh Aparatur PA Magelang, mahasiswa PPL dari Universitas Tidar Magelang (Untidar) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Bertindak sebagai inspektur upacara Sapuan, S.H.I., M.H. selaku Wakil PA Magelang, mewakili Ketua PA Magelang yang sedang melaksanakan dinas luar ke Surakarta, petugas pengibar bendera merah putih Riska Wahyuningsih, A.Md., A.B., Bagas Ardiyanto dan Ali Imron Firdaus. Bertugas sebagai Komandan Upacara Ahmad Syaiful Anwar, Pembawa Acara Awiek Dwi Utami, S.Pd., Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 R.M. Dewa Bagas P, S.H., Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 Agung Dwi Cahya L, S.H., Pembaca Doa Tri Wahyu Hartanto, S.H. dan petugas live streamer M. Choirul Imam, S.H.

Dalam upacara tersebut, Waka PA Magelang membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali. Sebelum memulai sambutan, Sapuan menyerukan salam pemuda untuk menggelorakan semangat peserta upacara.

“Salam Pemuda”, pimpin Sapuan.
“Salam Muda, Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Indonesia, Indonesia, Indonesia”, pekik peserta upacara secara kompak menyambut salam inspektur upacara.

Sesuai dengan sambutan Menpora, pria kelahiran Blora tersebut menyampaikan bahwa peringatan hari sumpah pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa” ujarnya.

Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Di penghujung sambutan tersebut, seluruh elemen bangsa juga diajak menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersatu membangun bangsa.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia”, pungkas Sapuan membacakan sambutan.

Rangkaian upacara berjalan dengan tertib dan khidmat, ditutup dengan doa oleh Triwahyu Hartanto, S.H. dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (Ans)