Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Ikuti Pembinaan Teknis Virtual Oleh Pimpinan Mahkamah Agung RI

Kota Magelang – Aparatur Pengadilan Agama Magelang mengikuti pembinaan teknis secara virtual yang disampaikan oleh pimpinan Mahkamah Agung RI pada Kamis (23/6/2022). Kegiatan pembinaan berlangsung secara luring di Kota Medan, Sumatera Utara dan dibuka oleh ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H.

Baca Juga: Aparatur Sipil Pengadilan Agama Magelang mengikuti Bimtek Kepaniteraan Secara Virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama

Acara yang dibuka pada pukul 14.15 WIB tersebut dihadiri secara langsung oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris baik pada tingkat banding maupun pertama pada empat lingkungan peradilan se-wilayah Sumatera Utara. Sementara seluruh aparatur tingkat banding dan pertama pada empat lingkungan peradilan mengikuti pembinaan secara virtual dengan fasilitas zoom meeting.

Dalam awal sambutannya, Ketua MA memaparkan beberapa terobosan baru Mahkamah Agung dalam percepatan penyelesaian perkara. Salah satunya dengan dilaunchingnya aplikasi E-Berpadu. Sebuah aplikasi yang menjadi embrio terwujudnya sistem peradilan secara elektronik (E-Court khusus pidana).

Ketua MA juga menekankan kembali tentang pentingnya pembinaan berjenjang dan berkala dari pimpinan/atasan langsung aparatur peradilan sebagaimana termuat dalam PERMA Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung di lingkungan MA.

“Jika terbukti tidak ada pembinaan dan pengawasan secara berjenjang dari atasan langsung maka sanksi bisa berimbas kepada atasan langsung hakim atau aparatur. Khusus bagi hakim atau aparatur yang melakukan pelanggaran, MA berkomitmen tidak akan memberikan bantuan hukum,” tegasnya.

Selanjutnya dilakukan pembinaan oleh para pimpinan MA mulai dari Waka MA Bidang Yudisial, Waka MA Bidang Non Yudisial serta para Ketua Kamar empat lingkungan peradilan. (Spn)

Leave a Comment