Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Ikuti Pembinaan Teknis Yustisial Tentang Penerapan Hukum Formil dan Materiil Dalam Memeriksa Perkara

Kota Magelang – Jumat (23/9/2022) Pimpinan, hakim dan tenaga teknis kepaniteraan Pengadilan Agama Magelang mengikuti pembinaan Hakim Agung Kamar Agama Dr. H. Yasardin, S.H., M. Hum. Pembinaan tersebut dimulai pukul 08.30 WIB dan dilaksanakan di ruang Media Center PA Magelang.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Teknis dan Administrasi Yudisial, Pimpinan dan Aparatur PA Magelang Ikuti Pembinaan Mahkamah Agung Secara Virtual

Dalam pembinaannya, Yasardin menekankan pentingnya memahami hukum acara dalam pemeriksaan perkara. Hal ini akan sangat menentukan kebenaran formil maupun materiil sebuah perkara.

Dibahas pula pemeriksaan perkara yang kurang sesuai dalam menerapkan humum acara yang sering ditemukan dalam perkara kasasi dan PK. Misalnya terkait pemeriksaan saksi-saksi, pertimbangan hukum terkait kepentingan terbaik untuk anak serta masalah-masalah substansi lain.

Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Ditjen Badilag Dr. H. Candra Boy Seroza, S. Ag., M. Ag. Yang membuka pembinaan secara resmi dalam sambutannya berharap agar pembinaan bisa diikuti dengan baik sehingga menjadi pedoman dalam penanganan perkara.

“Agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pemeriksaan perkara mari kita ikuti pembinaan teknis ini dengan baik. Kawan-kawan khususnya hakim di satuan kerja tingkat pertama juga bisa sharing dan bertanya kepada pemateri,” tuturnya.

Pembinaan berakhir pada pukul 11.00 WIB di mana sebelumnya para peserta yang hadir virtual diberikan kesempatan menanggapi, bertanya serta sharing informasi terkait pengalaman praktik pemeriksaan perkara masing-masing. (Spn)