Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Mengikuti Pembinaan Teknis Yustisial Secara Virtual Oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI

Magelang – Kamis (12/5/2022) Aparatur Pengadilan Agama Magelang mengikuti pembinaan teknis yustisial yang diselenggarakan secara virtual oleh Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin. Acara juga digabungkan dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara PTA Banjarmasin dengan Stake Holder terkait.

Pembinaan tersebut dihadiri secara daring oleh pimpinan dan hakim serta aparatur se-wilayah PTA Banjarmasin. Sedangkan undangan berasal dari Pengadilan Agama seluruh wilayah Indonesia yang hadir secara virtual.

Hadir dalam pembinaan tersebut Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Magelang. Pelaksanaan keikutsertaan pembinaan diselenggarakan di ruang media Center Pengadilan Agama Magelang Lt. II.

Prof. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M. Hum., M.M. selaku pemateri dalam pembinaan, beliau memberikan paparan praktik hukum acara yang sering terjadi kesalahan-kelasahan mendasar oleh hakim maupun aparatur lain terkait dengan sita, eksekusi dan perdamaian pihak (akta vandading).

Khusus untuk proses mediasi beliau menekankan agar Majelis/Hakim yang menangani perkara tetap memaksimalkan proses mediasi.

“Jangan sampai karena ingin ‘kejar tayang’ Hakim terkesan melaksanakan mediasi terburu-buru. Khususnya bagi para pihak yang salah satunya masih berharap rukun/berdamai. Meningkatkan penilaian SIPP itu penting, namun tak kalah pentingnya adalah menerapkan hukum acara dengan baik dan benar,”demikian pesannya. (Spn)

Leave a Comment