Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Berbagi Ilmu, KPA dan PanMud Gugatan PA Magelang Memberikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa

Magelang –Senin (25/7/22) Ketua Pengadilan Agama Magelang, Septianah, S.H.I., M.H dengan didampingi oleh Panitera Muda Gugatan, Umi Khoiriyah, S.Ag memberikan pembekalan berupa kuliah umum kepada mahasiswa yang saat ini sedang melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Magelang.

Baca Juga: Wakil Ketua PA Magelang Sambut Kedatangan Mahasiswa UIN Salatiga

Pembekalan tersebut dilaksanakan pukul 10.00 WIB- selesai di ruang sidang Pengadilan Agama Magelang dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa PPL yang terdiri dari 7 orang Mahasiswa UIN Salatiga, 2 orang Mahasiswa Universitas Diponegoro dan 5 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang.

Materi pembekalan yang disampaikan adalah seputar hukum acara perdata, yang dalam hal ini berfokus mengenai “Gugatan”, mulai dari pengertian gugatan, macam-macam gugatan dan cara membuat gugatan.

Selain itu disampaikan pula mengenai jenis gugatan dan ciri khas dari gugatan Voulentair maupun gugatan Contentius. Dalam penyusunan gugatan harus mencakup beberapa hal salah satunya identitas para pihak harus jelas serta antara petitum dan posita harus bersesuaian satu sama lain.” tutur Septianah.

Selanjutnya Panitera Muda Gugatan PA Magelang Ibu Umi Khoiriyah, S.Ag ikut berbagi pengalaman selama menjadi Panitera Pengganti dan menambahkan pentingnya Surat Gugatan bagi para pihak yang akan berperkara.

Terakhir para Mahasiswa tersebut diberi tugas oleh wanita Kelahiran Lahat tersebut untuk membuat Surat Gugatan yang baik dan benar, untuk menambah nilai selama melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Magelang. (umi)