Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

E-Sadewa Disosialisasikan, Operator BMN Pengadilan Agama Magelang Langsung Tuntaskan Entry Data PSP

Magelang – Operator SIMAK-BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara) Pengadilan Agama Magelang M. Choirul Imam telah menuntaskan penginputan PSP (Penetapan Status Penggunaan) BMN Pengadilan Agama Magelang.

Dengan adanya upaya maksimal ini, saat ini semua data PSP SIMAK BMN Pengadilan Agama Magelang telah mencapai prosentase 100 persen. Hal ini tertera dalam aplikasi web https://e-sadewa.mahkamahagung.go.id/admin/monitoring/psp.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 246/ PMK.06/ 2014 tentang Tata Cara Penggunaan BMN maka objek BMN yang harus di tetapkan status penggunaannya adalah seluruh BMN yang menjadi tanggung jawab satuan kerja.

Penginputan pengajuan permohonan PSP BMN didasarkan pada surat Kepala Biro Pelengkapan Badan Urusan Administrasi MA RI Nomor 361/Bua.4/PL.07/08/2019 tentang Pengajuan Permohonan PSP BMN Melalui Aplikasi SIMAN.

Aplikasi tersebut sebagai aplikasi manajemen pengelolaan BMN yang meliputi perencanaan, penggunaan, pemanfaatan, pemeliharaan, penatausahaan, penghapusan, dan pemindahtanganan aset negara.

M. Choirul Imam menyampaikan bahwa PSP BMN merupakan tertib administrasi BMN sebagai upaya penatausahaan barang milik negara yang secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap pengelolaan BMN satuan kerja.

“Penetapan PSP BMN adalah administrasi yang melekat pada materiil BMN itu sendiri sehingga harus dimiliki setiap BMN yang sesuai ketentuan untuk menghindari duplikasi, kehilangan arsip data serta terjaminnya kepastian hukum BMN itu sendiri,” tuturnya.(Imm)

Leave a Comment