Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Gandeng Kampus Unimuda Sorong, PA Magelang Berikan Training Desain Konten dan Multimedia Kreatif

Magelang – Pengadilan Agama Magelang menggandeng kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, Papua Barat dalam memberikan bekal kemampuan membuat desain konten (flyer, banner, kartu ucapan) serta multimedia kreatif untuk website dan media sosial.

Baca Juga: Tingkatkan Penguasaan TI, PPNPN Bidang TI PA Magelang Ikuti Pelatihan Teknisi Komputer dan Jaringan Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah

Kegiatan ini diagendakan dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu s.d. Kamis (8 – 9 Juni 2022) dengan narasumber Endra Putra Raharja, M. Pd. (Sekretaris Unimuda Sorong). Hal ini ditempuh mengingat konten berita dan informasi website serta media sosial PA Magelang memerlukan desain serta ide kreatif dalam penyajian publikasinya.

Peserta training adalah Kasubag PTIP (Perencanaan, TI dan Pelaporan) serta tenaga TI yang bertugas mengelola website dan media sosial Pengadilan Agama Magelang. Seklain itu pimpinan dan sekretaris PA Magelang turut hadir membersamai kegiatan pelatihan.

Dalam paparan materi, narasumber memberikan inspirasi bahwa sebenarnya mengelola konten khususnya media sosial bukan hal yang mudah. Namun dengan kemauan dan keseriusan bisa kita lakukan dengan enjoy.

“Mengelola konten media sosial bukan hanya memikirkan jurnalistiknya saja, namun perlu melakukan perumusan konsep dan desain agar sesuai dengan narasi konten. Sebagus apapun jurnalistik sebuah informasi atau berita jika tidak didukung dengan konsep desain yang baik juga akan terasa kurang,” tuturnya.

Pada pertemuan hari pertama, narasumber memberikan konsep bagaimana melakukan sedikit riset tentang membuat branding satuan kerja di media sosial. Hal terkecil misalnya bagaimana merumuskan logo, pewarnaan dan juga pemilihan teks yang ikonik.

Selain itu narasumber juga melakukan simulasi desain dasar membuat konten media sosial dengan menggunakan fasilitas software Adobe Ilustrator (AI). Disimulasikan juga bagaimana memanfaatkan beberapa portal gratis untuk membantu memperoleh pewarnaan, gambar dan background.

Acara diakhiri dengan pemberian tugas membuat proyek pembuatan konten desain bagi tenaga TI Pengadilan Agama Magelang. Dan di hari kedua akan fokus pada pemanfaatan fasilitas Software Adobe Premier Pro untuk pengolahan konten-konten multimedia kreatif. (Spn)

Leave a Comment