Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Hari Kedua November 2022, Kasubag Kepegawaian dan Ortala PA Magelang Ingatkan Aparatur Untuk Selalu Berfikir Positif

Kota Magelang – Rabu (2/11/2022) bertempat di ruang PTSP PA Magelang Kasubag Kepegawaian dan Ortala Salamun Mustofa, S.H.I. menyampaikan briefing kepada petugas PTSP, PPNPN serta mahasiswa dari Fakultas Agama Islam UII dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNTIDAR yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.

Baca Juga: Briefing Rutin Pekan Ketiga Bulan Oktober, Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Magelang Himbau Untuk Memiliki Jiwa yang Optimis

Dalam briefing yang dimulai pukul 08.15 WIB tersebut, Salamun memberikan pengarahan tentang positif thinking atau berpikir positif.

“Pemikiran yang positif ini berasal dari pemikiran masing-masing individu. Pikiran yang baik maka akan menghasilan output yang baik. Begitu pula sebaliknya, apabila pikiran kita buruk maka akan menghasilkan output yang buruk pula,” Ujarnya.

Mantan Kasubag Umum dan Keuangan PA Kaimana tersebut juga mengambil kutipan dari Eleanor Roosevelt, yaitu istri mantan Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt.

“Pikiran kecil akan membicarakan orang, pikiran menengah membahas kejadian, pikiran besar menghasilkan gagasan,”.

Jika pemikiran seseorang lebih didominasi oleh pemikiran yang kecil, maka ia akan selalu asyik dengan urusan orang lain, sibuk menilai sesuatu di luar dirinya dan tidak menghasilkan apa-apa.

Tetapi jika pikiran besar yang lebih mendominasi maka ia akan aktif menemukan terobosan baru, jalan keluar dan berbagai ide inovatif lainnya. Kemudian jika pemikiran rata-rata lebih mendominasi, maka ia akan cenderung bereaksi setelah adanya pancingan. Tidak terlalu suka mendiskusikan orang lain, namun juga tidak terlalu kreatif untuk mencari solusi.

Ketiga jenis pikiran ini ada di setiap otak manusia. Semua itu kembali kepada diri individu masing-masing tergolong dalam jenis yang mana.

“Jangan habiskan waktu dan pikiran kita untuk hal-hal yang kecil, terutama membicarakan orang lain yang sama sekali tidak penting. Pikirkanlah gagasan besar, berikan sumbangsih anda bagi pribadi dan satuan kerja tempat anda mengabdi,” tambahnya.

Di akhir briefing Salamun mengingatkan kepada mahasiswa yang sedang melaksanakan PPL agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menimba ilmu sebanyak mungkin selama menjalani PPL di PA Magelang. Beliau juga menyampaikan amanat dari Ketua Pengadilan Agama Magelang, untuk PPNPN agar disiplin dan tepat waktu dalam memasuki jam kerja. (Bgs)