logo kecilPENGADILAN AGAMA MAGELANG
Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan, Kota Magelang 56123

Pelantikan Ketua PA Magelang

WAKIL KETUA PTA SEMARANG “BAK LIRIK LAGU: PAK KETUA YANG MEMULAI PAK KETUA YANG MENGAKHIRI”

 13 Juli 2021 3 1

Semarang|pta-semarang.go.id (13/7/2021)

Dalam kata sambutannya sesaat setelah dilantik, terungkap bahwa Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. telah 2 (dua) kali dilantik sebagai Wakil Ketua oleh Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., pertama saat pertama kali menjadi Wakil Ketua PTA, yaitu saat dilantik menjadi Wakil Ketua PTA Manado di tahun 2018 dan yang kedua pada hari ini dilantik sebagai Wakil Ketua PTA Semarang, “sehingga bak lirik lagu: Pak Ketua yang memulai pak Ketua yang mengakhiri”, demikian diungkapkan Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. dalam pelantikan sebagai Wakil Ketua PTA yang keempat kalinya ini. Ungkapan ini merupakan satu doa yang tentu saja diamini oleh segenap jajaran Peradilan Agama di Jawa Tengah, semoga segera mengikuti jejak Drs. H. Subuki, M.H., Wakil Ketua PTA Semarang yang digantikannya, menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama.

13 Juli 2021 1

Pada hari ini, Selasa, 13 Juli 2021 Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H., sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung R.I. Nomor 119/KMA/SK/VI/2021 tentang Promosi dan Mutasi Pimpinan dan Hakim Pengadilan Tingkat Banding di Lingkungan Peradilan Agama tanggal 16 Juni 2021. Pria kelahiran Medan tahun 1964 ini menggantikan Drs. H. Subuki, M.H. yang telah dilantik menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Maluku Utara oleh Ketua Mahkamah Agung R.I. pada 2 Juli 2021 lalu. Bersamaan waktunya pada hari ini juga dilakukan pelantikan terhadap 2 (dua) orang Hakim Tinggi PTA Semarang, yaitu:Dr. H. Hasanuddin, S.H. semula Hakim Tinggi PTA Manado dan Drs. H. Muchtarom, S.H., M.H. semula Hakim Tinggi PTA Jakarta.

13 Juli 2021 4

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua PTA Semarang ini dilaksanakan di aula Pengadilan Tinggi Agama Semarang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga kurang dari 30 orang yang hadir dan berada di dalam ruangan. Sementara itu pegawai dan pejabat lainnya menyaksikan acara ini melalui kanal youtube yang disiarkan secara langsung. Sedangkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua Pengadilan Agama di wilayah Jawa Tengah, dilaksanakan dengan cara daring dengan seijin Dirjen Badilag Mahkamah Agung R.I.

Sebanyak 10 (sepuluh) orang Ketua Pengadilan Agama di Jawa Tengah yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya, kesepuluh Ketua PA itu adalah:

2. Dr. Rifai, S.Ag., M.H. Ketua PA Jepara Kelas IB (sebelumnya Wakil Ketua PA Kudus Kelas IB);

3. Drs. H. Asrori, S.H., M.H., Ketua PA Pemalang Kelas IA (sebelumnya Wakil Ketua PA Cilacap Kelas IA);

4. Eldi Harponi, S.Ag., M.H., Ketua PA Boyolali Kelas IB (sebelumnya Wakil Ketua PA Wates Kelas IB);

5. Mursyid Syah, S.Ag., Ketua PA Sukoharjo Kelas IB (sebelumnya Wakil Ketua PA Sukoharjo Kelas IB);

6. Drs. Subroto, M.H., Ketua PA Wonosobo Kelas IA (sebelumnya Wakil Ketua PA Purwodadi Kelas IA);

7. Yusri, S.Ag., M.H., Ketua PA Temanggung Kelas IB (sebelumnya Wakil Ketua PA Barabai Kelas IB);

8. Ahmad Jamil, S.Ag., M.H., Ketua PA Mungkid Kelas IB (sebelumnya Wakil Ketua PA Sengkang Kelas IB);

9. Hermin Sriwulan, S.H.I., S.H., M.H.I., Ketua PA Magelang Kelas II (sebelumnya Wakil Ketua PA Magelang Kelas II);

10. Dr. Drs. H. Suryadi Hs., S.H., M.H., Ketua PA Kebumen Kelas IA (sebelumnya Wakil Ketua PA Indramayu Kelas IA).

Setelah selesai acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Agama dari Pejabat lama kepada Pejabat baru. Warga Peradilan Agama di Jawa Tengah sangat bersyukur dengan adanya pelantikan kali ini, karena diantara Ketua PA yang dilantik terdapat jabatan Ketua PA Wonosobo dan Ketua PA Pemalang yang telah sekian lama kosong, secara resmi pada saat ini sudah terisi kembali. Sedangkan kedelapan Ketua PA lama yang melakukan serah terima jabatan kepada Ketua PA yang baru karena mutasi dan promosi, yaitu:

1. Drs. H. Rokhmad Ariadi, S.H. jabatan lama Ketua PA Demak, jabatan baru Hakim PA Purwodadi;

2. Muhammad Razali, S.Ag., S.H., M.H. jabatan lama Ketua PA Boyolali, jabatan baru Wakil Ketua PA Medan;

3. Drs. Ahmad Nasohah, M.H., jabatan lama Ketua PA Kebumen, jabatan baru Hakim Tinggi PTA Plangkaraya;

4. Drs. H. Abdul Rahim, M.H., jabatan lama Ketua PA Jepara, jabatan baru Wakil Ketua PA Kendal;

5. H. Abdul Halim M. Sholeh, Lc., M.Ec, M.H., Jabatan lama Ketua PA Magelang, jabatan baru Wakil Ketua PA Kudus;

6. Drs. Yenisuryadi, M.H., jabatan lama Ketua PA Sukoharjo, jabatan baru Wakil Ketua PA Tanjung Pinang;

7. Antoni Said, S.Ag., jabatan lama Ketua PA Temanggung, jabatan baru Wakil Ketua PA Purwokerto;

8. H. Ahmad Farhat, S.Ag., S.H., M.H.I., jabatan lama Ketua PA Mungkid, jabatan baru Wakil Ketua PA Wonosobo.

13 Juli 2021 9

Dalam sambutannya, Drs. H.M. Alwi Mallo, M.H., Ketua PTA Semarang, mengucapkan selamat dan mengharapkan kehadiran para Pejabat dan Pimpinann yang baru akan memberikan manfaat dan berkah, minimal bisa meningkatkan semangat kerja di Satker masing-masing. Lebih lanjut Ketua PTA memberikan pesan 3 (tiga) hal penting kepada semua Pimpinan dan segenap jajaran Pengadilan Agama di Jawa Tengah saat memberikan sambutannya. Ketiga hal tersebut adalah:

  1. Agar semua Pimpinan dan segenap jajaran Pengadilan Agama di Jawa Tengah semaksimal mungkin berusaha meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM);
  2. Agar semua Pimpinan dan segenap jajaran Pengadilan Agama di Jawa Tengah selalu meningkatkan Kinerja SIPP dan Kinerja Triwulan; harus selalu ada kemajuan / progress dalam raihan peringkat disamping sebagai pertimbangan penilaian dalam mutasi, implementasi 11 aplikasi merupakan “program yang dijual” Badilag dalam meraih predikat WBBM, namun dengan catatan janganlah mengabaikan hukum acara atau menurunkan kualitas putusan;
  3. Agar semua Pimpinan Pengadilan Agama di Jawa Tengah melakukan pengawasan dan pembinaan dengan memberdayakan Hakim Pengawas Bidang minimal 1 (satu) bulan sekali.

Ketua PTA Semarang juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pejabat lama yang mutasi dan promosi yang telah memberikan dedikasi serta sembangsih tenaga dan pikirannya untuk kemajuan satkernya masing-masing.

13 Juli 2021 6

Pelaksanaan acara pelantikan dan sumpah jabatan dilaksanakan oleh panitia dengan Ketua Drs H. Hasanuddin, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Semarang berjalan dengan lancar dan khidmat dalam suasana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Meskipun acara dilakukan secara luring dan daring, undangan sangat dibatasi, jumlah pendamping sangat dibatasi, dan beberapa acara dipangkas, namun tetap tidak mengurangi kekhidmatan dan keabsahan acara tersebut. Akhirnya keseluruhan proses acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh beberapa pejabat dan pegawai yang hadir di aula PTA Semarang tanpa melakukan jabat tangan. Pada kesempatan tersebut Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi yang hadir dalam acara juga mengucapkan selamat secara daring kepada semua Ketua PA yang baru dilantik.

Kunjungan Kepala Biro Keuangan, Kepegawaian dan Sekretaris PTA Semarang beserta Hatibinwasda di PA Magelang

Kunjungan Kepala Biro Keuangan, Kepegawaian dan Sekretaris PTA Semarang beserta Hatibinwasda di PA Magelang

1.jpeg

 

PA_Magelang (18/06/2021) Sekitar pukul 13.30 WIB Pengadilan Agama Magelang kedatangan tamu Kepala Biro Kepegawaian Supatmi, S.H., M.M. dan Kepala Biro Keuangan H. Sahwan, S.H., M.H., disambut oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan juga beberapa pegawai di Loby Utama PA Magelang. Sebelum masuk ke Ruang Tamu Ketua beliau berdua menyempatkan diri untuk berkeliling mulai dari ruang sidang juga PTSP yang ada di PA Magelang. Tak lama waktu berselang turut hadir juga Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang beserta rombongan Hakim Tinggi yang baru saja menyelesaikan Pemeriksaan Reguler di PA Banjarnegara. Setelah melakukan pembinaan kemudian rombongan kembali melanjutkan perjalanan masing-masing.  

2.jpeg

3.jpeg

Pembinaan Teknis Peradilan Agama Virtual: Batas Kewenangan MA dan KY dalam Mengawasi Hakim

Pembinaan Teknis Peradilan Agama Virtual: Batas Kewenangan MA dan KY dalam Mengawasi Hakim

1.jpeg

 

PA_Magelang (18/06/2021) Pembinaan Secara Daring diikuti oleh Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama Se-Indonesia Oleh Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. (Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non-Yudisial) dengan tema Batas Kewenangan Mahkamah Agung RI dan Komisi Yudisial RI dalam Mengawasi Hakim. Dalam pembinaan tersebut diawali dengan Pembinaan oleh Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. diantara pesan beliau adalah penekanan terhadap kemudahan berperkara, biaya ringan bagi masyarakat pencari keadilan yang akan berperkara di Pengadilan Agama dan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Kemudian acara dilanjutkan dengan Pembinaan dari Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. (Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non-Yudisial)  

2.jpeg

3.jpeg

Audiensi Dengan Kementrian Agama Kota Magelang

Audiensi Dengan Kementrian Agama Kota Magelang

1.jpeg

 

PA_Magelang (15/06/2021) Bertempat di Media Center Pengadilan Agama Magelang dimulai pukul 13.00 WIB Sekretaris PA Magelang Adhi Kurniawan, S.T. menjadi moderator jalannya acara audiensi dengan Kementrian Agama Kota Magelang yang dihadiri oleh Kepala KEMENAG Kota Magelang Drs. Sofia Nur, M.Pd beserta jajarannya. Didampingi Ketua Pengadilan Agama Magelang H. Abdul Halim Muhamad Sholeh, Lc., M.Ec., M.H., Wakil Ketua PA Magelang Hermin Sriwulan, S.H.I., S.H., M.H.I., Panitera Muh Amin, S.H., M.H., dan Kasubag Pertilap PA Magelang Ubaedul Khakim, A.Md. Acara dimaksudkan untuk menjalin kesepahaman tentang rencana pembuatan Aplikasi Gadisku (Gabungan Direktori Inovasi Kepuasan Pengguna) yang akan dibuat oleh PA Magelang. Selain terintegrasi dengan Kementrian Agama Kota Magelang juga akan terintegrasi dengan Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil Kota Magelang.  

2.jpeg

3.jpeg

3.jpeg

3.jpeg

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Magelang

Jl. Sunan Giri Jurangombo Selatan,

Magelang Selatan

Kota Magelang 56123

Telp. (0293) 3148500, Fax : (0293) 3148400

Email Kedinasan Gmail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kedinasan Lainnya : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Delegasi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram : @pamagelang

Youtube : Pengadilan Agama Magelang