Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Ketua dan Aparatur Tenaga Teknis PA Magelang Ikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama

Kota Magelang, Kamis (6/10/2022) sebagai salah satu program utama Badilag di tahun 2022, Dirjen Badilag melaksanakan bimtek untuk meningkatkan kualitas SDM di lingkungan peradilan agama. Bimtek ini dilaksanakan untuk zona 4, yaitu wilayah PTA Semarang dan PTA Surabaya, beserta satuan kerja dibawahnya.

Baca Juga: Tindak Lanjut Bimtek Yustisial Tenaga Teknis Non Hakim

Ketua Pengadilan Agama Magelang Septianah, S.HI., M.H mengikuti bimtek di Media Center Pengadilan Agama Cilacap, di tengah cuti alasan penting dirinya tetap menyempatkan waktu untuk mengikuti bimtek secara virtual tersebut. Sementara aparatur tenaga teknis PA Magelang yang lainnya seperti Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Fungsional Kepaniteraan hingga Analis Perkara Peradilan mengikutinya di Ruang Media Center PA Magelang.

Bimtek yang dilaksanakan Badilag ini mengambil tema Teknik Pelaksanaan Eksekusi Putusan yang Efektif dan Efisien. Bimtek dibuka oleh Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag , selaku Dirjen Pembinaan Teknis Badilag. Dalam sambutannya beliau menyampaikan di tahun 2022 ini masih ada 1002 sisa eksekusi yang belum terlaksana di seluruh Indonesia, kiranya pelaksanaan bimtek ini dapat membantu menyelesaikan masalah masalah terkait pelaksanaan eksekusi tersebut.

Dalam materi bimtek yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Makassar Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H., beliau memaparkan berbagai macam hambatan dalam pelaksanaan eksekusi, seperti perlawanan dari Tereksekusi, keberatan pihak ketiga, luas tanah yang berbeda dengan luas tanah pada putusan, Tergugat yang tidak sanggup membayar biaya eksekusi, objek tanah belum bersertifikat, lelang sudah dilaksanakan namun belum ada pembeli, dan lain sebagainya, tidak lupa mantan KPTA Maluku Utara tersebut juga memberikan solusi dari hambatan-hambatan yang dihadapi ketika melakukan eksekusi.

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta bimtek dan dilanjutkan dengan penutupan. (bgs)