Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Kultum Ramadhan, Aparatur PA Magelang Ngaji Kitab Fiqh Sunnah

Magelang – Rabu (06/04/2022) Aparatur PA Magelang melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dilanjutkan dengan kultum Ramadhan yang disampaikan oleh Hakim PA Magelang, Muhamad Ainun Najib, S.H.

Kultum kali ini secara spesifik mengulas bab puasa dalam kitab Fiqh as-Sunnah karya Sayyid Sabiq, yang merupakan salah satu program kerja PA Magelang tahun 2022.

Dalam kultumnya, Najib memulai dengan kisah Siti Maryam yang pernah berucap “inni nadzartu lirrahmani shauma”, aku bernazar kepada Allah Yang Maha Pengasih untuk menahan diri (dari berbicara)

Shaum yang secara bahasa diartikan menahan diri, dicontohkan dalam kisah Maryam ketika ia memilih untuk menahan diri dari berbicara pasca kelahiran Isa as. yang lahir tanpa sosok ayah. Sehingga ketika ia diduga berzina ia tidak berucap apapun dan hanya memberi isyarat agar orang tersebut bicara langsung dengan Isa kecil.

Selain itu, poin utama dalam kultum siang ini adalah mengenai keutamaan puasa dibandingkan ibadah yang lain.

Betapa luar biasanya amalan puasa, hingga hanya Allah swt. yang mengetahui pahala berpuasa.

Mengapa bisa seluarbiasa itu? Karena puasa adalah amalan yang paling minim risiko untuk sombong, karena yang tahu seseorang berpuasa atau tidak hanyalah dirinya dan Allah swt.

“Puasa adalah benteng yang mencegah dari perbuatan maksiat. Apabila seseorang berpuasa pada hari ini maka jangan berkata kotor (jorok), jangan berteriak-teriak, dan jangan bersikap bodoh.” Tuturnya menjelaskan salah satu Hadis.

Setelah kultum selesai kemudian acara ditutup oleh Pembawa Acara Riska Wahyuningsih, A.Md. (Rsk)

Leave a Comment