Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Lakukan Survey Integritas Hakim PA Magelang, Komisi Yudisial Gandeng Universitas Muhammadiyah Magelang

Kota Magelang – Senin (3/10/2022) delegasi Komisi Yudisial (KY) melakukan survey integritas hakim di Pengadilan Agama Magelang. Pelaksanaan survey integritas hakim ini sebagai tindak lanjut terhadap Surat Ketua Komisi Yudisial RI Nomor 1596/PIM/PR.07.01/08/2022 tanggal 31 Agustus 2022 dan Surat Jenderal Komisi Yudisial RI Nomor 767/SET/PR.07.01/09/2022 tanggal 23 September 2022 perihal Permohonan Pemberian Dukungan dan Izin Pelaksanaan Survey Integritas Hakim Tahun 2022.

Baca Juga: Aparatur Pengadilan Agama Magelang Ikuti Pengucapan Pakta Integritas Virtual Bersama Seluruh Aparatur Peradilan Agama se-Indonesia

Menindaklanjuti kedua surat tersebut, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama melalui surat Nomor 4050/DJA/HM.00/9/2022 menunjuk sejumlah hakim di lingkungan Peradilan Agama sebagai responden. Termasuk sebagai responden adalah Ketua, Wakil Ketua dan Hakim PA Magelang.

Dalam pelaksanaan survey tersebut, Komisi Yudisial bekerja sama dengan Universitas-universitas di daerah. Hary Abdul Hakim, S.H, LLM yang merupakan dosen tetap Universitas Muhammadiyah Magelang dan tim merupakan perwakilan KY yang bertugas melakukan survey di PA Magelang.

“Komisi Yudisial menggandeng beberapa kampus di daerah, dan kami sebagai salah satu pihak yang menerima delegasi dari KY untuk melakukan survey di Pengadilan Agama Magelang,” Tutur Hary kepada Hakim PA Magelang, Muhamad Ainun Najib, S.H.

Survey dilaksanakan dengan metode tanya-jawab pertanyaan-pertanyaan seputar profesi hakim, pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai hakim, kode etik dan beberapa pertanyaan lain berdasarkan kuisioner yang telah disiapkan oleh Komisi Yudisial. (Njb)