Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Mahasiswa UNTID dan UII Kolaborasi Laksanakan Moot Court di Pengadilan Agama Magelang

Kota Magelang – Jum’at (28/10/2022) bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Magelang, empat Mahasiswa Universitas Tidar (UNTID) Magelang dan dua belas Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta berkolaborasi melaksanakan moot court sidang perdata agama.

Baca Juga: Untuk Kesekian Kali, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Magelang

Pelaksanaan moot court yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dilaksanakan untuk memperdalam pemahaman para mahasiswa terhadap praktek hukum acara di lingkungan peradilan agama.

Hakim PA Magelang, Muhamad Ainun Najib, S.H. dan Panitera Muda Gugatan, Umi Khoiriyah, S.Ag. mendampingi dan memberikan bimbingan dalam pelaksanaan moot court tersebut.

Keenambelas mahasiswa dari dua kampus tersebut dibagi dalam dua kelompok, dan masing-masing mahasiswa secara bergantian berperan sebagai Ketua Majelis pada setiap tahapan persidangan, sehingga semua mahasiswa memperoleh pengalaman memimpin jalannya persidangan.

“Secara umum praktek sidang yang dilakukan kawan-kawan (mahasiswa) sudah sangat bagus, artinya ketika kawan-kawan melihat proses sidang selama magang benar-benar dipahami” komentar Najib mengapresiasi para mahasiswa di akhir moot court.

Selain untuk memperdalam pemahaman terhadap hukum acara, moot court dilaksanakan karena Mahasiswa magang dari UII akan segera mengakhiri masa magang dan digantikan dengan gelombang berikutnya.

Praktek sidang yang sempat diskors untuk pelaksanaan sholat Jum’at tersebut diakhiri pukul 15.00 WIB dengan foto bersama. (Njb)