Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Panitera dan Jurusita PA Magelang Mengikuti Bimtek Kejurusitaan Yang Diselenggarakan Oleh Dirjen Badilag Secara Daring

Kota Magelang-Jumat (16/12/2022) bertempat di ruang media center PA Magelang Panitera dan Jurusita PA Magelang mengikuti Bimbingan Teknis tentang Kejurusitaan yang disampaiakan oleh narasumber YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu Dr.H.Zulkarnain S.H.,M.H secara daring.

Acara yang dimulai tepat pada pukul 08.30 WIB diawali oleh pembacaan tilawatil Quran oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Palembang, kemudiaan dilanjutkan oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh Drs.Siswanto Supandi,S.H.,M.H Panitera Muda Hukum Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo dan dibuka oleh Direktur Bimbingan Teknis Peradilan Agama Dr.H.Candra Boy Seroza,S.H.,M.H yang dalam hal ini mewakili Direktur Jendral Badan Peradilan Agama yang sedang melaksanakan perjalanan dinas luar ke Malaysia.

Dalam sambutannya Bapak Dirbinganis menyampaiakan bahwa Jurusita dan Jurusita Pengganti merupakan garda terdepan setiap Pengadilan tingkat pertama. Jurusita dan Jurusita Pengganti sangat penting di dalam proses persidangan dari awal sampai akhir.

Maka dari itu Direktorat Badan Peradilan Agama perlu mengadakan Bimbingan Teknis tentang kejurusitaan dalam rangka upgrade ilmu terhadap para Jurusita dan Jurusita Pengganti yang berada di bawah Badan Peradilan Agama. Yang terakhir Pak Boy panggilan akrab dari Bapak Dirbinganis menyampaiakan kedepannya Jurusita & Jurusita Pengganti akan diberikan kewenangan yang lebih salah satunya dapat membuka rekening,menelusuri rekening, sehingga kedepannya Jurusita dan Jurusita Pengganti bisa disebut Polisi Pengadilan.

Acara yang dipandu oleh moderator Harisan,SHI dilanjutkan ke acara inti yaitu penyampaian materi bimtek dengan Judul Kejurusitaan (Permasalahan dan Solusi) yang di sampaiakan oleh YM Dr.H Zulkarnaian, S.H.,M.H

Dalam pemaparan materinya mantan Waka PTA Semarang tersebut menjelaskan tentang dasar hukum, tupoksi, tata cara pemanggilan elektronik dan permasalahan klasik yang ditemui dalam pelaksanaan tugas Jurusita dan Jurusita Pengganti.

Salah satu yang dititikberatkan oleh pemateri adalah dalam pelaksanaan tugas kejurusitaan Jurusita dan Jurusita Pengganti harus selalu berpedoman dengan aturan aturan yang ada dan juga harus selalu update tentang peraturan peraturan yang baru. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab yang berjalan sangat cair dan menarik. (ADCL)