Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Sehari Dua Mediasi, Mediator Pengadilan Agama Magelang Sukses Cetak Brace!

Kota Magelang – Selasa (21/3/23) Mediator sekaligus Hakim Pengadilan Agama Magelang, Muhamad Ainun Najib, S.H. sukses mencatatkan keberhasilan sebagian dalam mediasi terhadap dua perkara;

Adalah perkara Nomor 49/Pdt.G/2023/PA.Mgl dan 50/Pdt.G/2023/PA.Mgl, yang merupakan perkara di bidang perkawinan.

Kedua mediasi yang dilaksanakan di ruang mediasi PA Magelang tersebut berakhir dengan keberhasilan sebagian di mana pokok sengketa perceraian yang diajukan oleh salah satu pasangan tidak dapat didamaikan, hanya saja mengenai akibat-akibat pasca perceraian seperti hak asuh anak, nafkah anak, maupun hak istri dapat diselesaikan dalam mediasi tersebut.

Keberhasilan sebagian dalam mediasi, sekalipun tidak sepenuhnya berhasil menyelesaikan sengketa yang diajukan, namun telah menyelesaikan sengketa yang berpotensi muncul dari akibat perceraian.

Dengan keberhasilan tersebut, proses persidangan berikutnya cukup berfokus pada problem yang belum disepakati dalam mediasi, sehingga dapat memangkas waktu dan biaya sidang.

“Keberhasilan mediasi sekalipun sebagian, telah memenuhi asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan” ungkap Najib.