Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tim Pembangunan Zona Integritas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang Lakukan Studi banding di Pengadilan Agama Magelang

Kota Magelang – Selasa (21/6/2022) Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Disdukcapil Kota Magelang melakukan studi banding di Pengadilan Agama Magelang. Tim disambut langsung oleh ketua PA Septianah, S.H.I., M.H. di ruang kerjanya pada pukul 08.15 WIB.

Baca Juga: Atasi Fenomena Kawin Tak Tercatat, Waka PA Magelang dan Tim Hadiri Koordinasi di Kantor Dispendukcapil Kota Magelang

Dalam penyampaiannya, Tim yang dipimpin Ketua Pelaksana Pembangunan ZI Disdukcapil Kota Magelang yang juga sebagai Sekretaris Dinas Rr. Sri Mulatsih, S.E., M. Si. tersebut bertujuan untuk melakukan pendalaman terkait pengalaman Pengadilan Agama Magelang dalam memperoleh predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) tahun 2020 lalu.

Memenuhi permintaan tersebut, ketua Pengadilan Agama Magelang memberikan gambaran tentang pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Magelang.

“Dalam pembangunan zona integritas hal pertama yang dilakukan tentu adanya komitmen pimpinan dan seluruh aparatur. Selanjutnya seluruh pelayanan harus benar-benar bersih dari pungli dan gratifikasi,” ujarnya.

Melengkapi penjelasan ketua PA, Sapuan, S.H.I., M.H. (Waka PA Magelang) selaku ketua Tim Zona Integritas juga menyampaikan petunjuk teknis pendokumentasian kegiatan serta pemenuhan eviden yang dibutuhkan. Sapuan juga melakukan simulasi pemenuhan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) serta bagaimana cara menganalisa kebutuhan eviden yang ada secara kronologis.

Selain itu, Waka PA Magelang yang juga sudah tersertifikasi sebagai penyuluh anti korupsi KPK tersebut menekankan akan pentingnya komitmen seluruh aparatur dengan sikap dan perilaku anti korupsi serta penguatan integritas.

“Seluruh aparatur PA Magelang telah berupaya menanamkan komitmen dalam penguatan gerakan anti korupsi dan berintegritas. Hal ini dibuktikan dengan adanya seluruh aparatur telah lulus e-learning KPK dan dua aparatur telah menjadi penyuluh anti korupsi KPK,” terangnya.

Sebagaimana diketahui saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang sedang berjuang dalam pembangunan zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi). Beberapa inovasi dan layanan berbasis layanan publik telah diimplementasikan oleh Disdukcapil Kota Magelang. Tentu ini menjadi modal besar bagi suksesnya Disdukcapil Kota Magelang untuk menyambut predikat WBK. (Spn)

Leave a Comment