Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tingkatkan Kompetensi, Bendahara Penerimaan Tingkatkan Kompetensi, Bendahara Penerimaan PA Magelang Ikuti Bimtek Pengelolaan PNBP

Semarang – Senin (14/11/22) Bendahara Penerimaan Pengadilan Agama Magelang, Zakaria mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan, Pengelolaan dan Pengadministrasian PNBP Pengadilan Agama Se Jawa Tengah.

Baca Juga: Kasir PA Magelang didampingi Bendahara Penerimaan dan Bendahara ATK, Ikuti pendampingan Akurasi Data Keuangan Perkara Secara Nasional.

Acara dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. dengan didampingi Panitera dan Sekretaris yang diselenggarakan di Aula PTA Semarang.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut menghadirkan narasumber dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah.

Materi pertama disampaikan oleh Triana Ambarsari selaku Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I. Dalam kesempatan ini, Triana memaparkan materi Overview Regulasi PNBP, yang dilanjutkan pemaparan oleh Syaiful Hadi, Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran ID tentang Tata Kelola PNBP.

Dalam bimtek tersebut, disampaikan pula tentang Maksimal Pencairan PNBP oleh Akhmad Zainuddin yang merupakan Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran IC. Lebih lanjut, Nasri Efendi paparkan juga tentang Pembukuan dan Pertanggung jawaban Bendahara Penerima.

Terakhir, Kepala Bagian PNBP Mahkamah Agung menyampaikan Tata Kelola PNBP di Lingkungan Mahkamah Agung RI yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting.

Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu Bendahara Penerima Pengadilan Agama Se Jawa Tengah dalam konsepsi pengelolaan keuangan, pemungutan dan penerimaan setoran PNBP dan wajib bayar, penyetoran PNBP ke Kas Negara, pengelolaan rekening Bendahara Penerimaan, memahami Sistem Pengarsipan Dokumen Keuangan Negara, memahami penyetoran penerimaan Negara secara elektronik, mekanisme pencairan anggaran, pembukuan dan penatausahaan pengelolaan PNBP, khususnya di bidang pengelolaan dan pengadministrasian PNBP. [zack]