Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tingkatkan Kualitas dan Kapabilitas, Jurusita Pengadilan Agama Magelang Ikuti Bimbingan Teknis Jurusita/Jurusita Pengganti

Bogor – Jurusita PA Magelang bergabung dalam semangat peningkatan kompetensi dan kapabilitas dengan mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pelatihan Teknik Jurusita/Jurusita Pengganti Pengadilan Agama se-Indonesia secara klasikal. Acara berlangsung di Balai Diklat Kepegawaian dan Pengembangan Kepemimpinan Mahkamah Agung (Ditklat Kumdil MA) Megamendung, Bogor, Jawa Barat. BIMTEK ini merupakan kelanjutan dari pelatihan e-learning mandiri yang dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2023. (28/8)

Seremoni pembukaan acara dimulai pukul 08.30 WIB dan dipandu oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Badan Litbang dan Diklat Kumdil MA, Bapak Syamsul Arief, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Arief menjelaskan bahwa tujuan dari BIMTEK ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Jurusita terkait Tugas Pokok dan Fungsi mereka agar administrasi persidangan dapat berjalan dengan lancar. Tidak lupa hakim yang pernah bertugas sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Karang juga menegaskan pentingnya kreativitas Jurusita dalam melaksanakan tugas-tugas mereka di era teknologi yang semakin maju.

Dalam kegiatan ini, seorang hakim yang pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Karang memberikan arahan kepada para peserta. Ia menekankan bahwa dalam era teknologi yang canggih, Jurusita perlu berinovasi dan berkreativitas dalam menjalankan tugas mereka.

BIMTEK secara klasikal ini dihadiri oleh 81 Jurusita Pengadilan Agama dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini berlangsung dari tanggal 28 Agustus 2023 hingga 1 September 2023. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek tugas pokok dan fungsi Jurusita, seperti Etika Profesi Jurusita, Penyitaan, Lelang, Eksekusi, Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), dan penggunaan platform e-court.

Septianah, Selaku Ketua PA Magelang pun menyambut positif keikutsertaan Jurusita dari Magelang dalam BIMTEK ini. Ia berharap melalui pelatihan ini, Jurusita akan semakin terampil dan mampu memberikan pelayanan hukum yang lebih baik kepada masyarakat. Program semacam ini mencerminkan komitmen Pengadilan Agama dalam menjaga profesionalisme dan kualitas pelayanan di tengah perkembangan zaman yang terus berubah.[zack]