Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

TOK!!! Dr. H. SUNARTO, S.H., M.H RESMI TERPILIH MENJADI WAKIL KETUA MAHKAMAH AGUNG RI BIDANG YUDISIAL

Kota Magelang, 7-2-2023. Bertempat di Ruang Media Center PA Magelang, segenap aparatur Pengadilan Agama Magelang menyaksikan siaran langsung (live) Sidang Paripurna Khusus Mahkamah Agung RI dengan agenda Pemilihan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial. Pemilihan Jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial ini dilaksanakan dikarenakan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial Dr. H. Andi Samsan Nganro, SH., MH telah memasuki masa purnabakti sejak 1 Februari 2023.

Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., yang saat ini adalah Wakil Ketua MA bidang Non Yudisial akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial dalam Sidang Paripurna Khusus MA RI Pemilihan Wakil Ketua Mahakmah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial pada hari ini Selasa, 7 Februari 2023 yang bertempat di Ruang Kusumah Atmadja lantai 14 gedung tower Mahkamah Agung. Proses pemilihan dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Dr. M. Syarifuddin, SH., M.H.

Dalam acara tersebut Seluruh hakim Agung yang hadir diminta untuk mengisi daftar hadir dan Formulir bersedia atau tidak dicalonkan menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial. Hasilnya terdapat empat orang Hakim Agung yang bersedia dicalonkan sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung yaitu :

  1. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H
  2. Dr. H. Yulius, S.H., M.H
  3. Prof. Dr. Surya Jaya, SH.,M.Hum
  4. Dr. H. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum., M.M.

Pemilihan yang dilakukan sejak pukul 10.00. WIB tersebut, Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., secara resmi terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial dengan perolehan suara sebanyak 27 suara mengungguli dari para pesaingnya yaitu Dr. H. Yulius, S.H., M.H 12 suara, Dr. H. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum., M.M 3 suara, dan Dr. H. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum., M.M. sebanyak 2 suara.

“Saya berharap tidak hanya memberikan suara, namun saya juga mohon diawasi dikoreksi dan dikritik dalam menjalankan Amanah”, ucap Sunarto, dalam sambutan sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial terpilih.

Diakhir acara, KMA mengucapkan selamat kepada Yang Mulia Dr. H. Sunarto, S.H., M.H atas terpilihnya menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan berharap agar dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu membawa warna perubahan baru bagi Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya.

Terpilihnya sosok Dr. H. Sunarto, SH., MH yang jujur, tegas dan santun serta berintegritas sebagai WKMA Yudisial menunjukan komitmen Mahkamah Agung dalam mewujudkan peradilan yang bersih dan independen. (FPP)