Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tradisi Akhir Magang di Pengadilan Agama Magelang, Mahasiswa UII Laksanakan Mootcourt

Kota Magelang – Jum’at (25/11/2022) Delapan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta melaksanakan praktek sidang semu (mootcourt) sebagai bagian pendalaman materi hukum acara peradilan agama.

Baca Juga: Untuk Kesekian Kali, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Melaksanakan PPL di Pengadilan Agama Magelang

Bak tradisi, setiap mahasiswa yang akan mengakhiri masa magangnya di PA Magelang selalu melaksanakan praktek sidang semu terlebih dahulu sebagai kegiatan pembelajaran terakhir, sekaligus menjadi bahan penilaian Hakim pendamping mahasiswa, Muhamad Ainun Najib, S.H.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dilaksanakan di ruang sidang Tidar 1 PA Magelang, di mana kedelapan mahasiswa saling berganti peran menjadi Hakim Ketua, Hakim Anggota, Panitera Sidang, Penggugat, Tergugat dan bahkan sebagai saksi.

Najib yang mendampingi para mahasiswa tersebut memberikan komentar, masukan, dan penjelasan terhadap para mahasiswa di setiap akhir sesi sidang.

Hakim kelahiran Magelang tersebut juga memberikan motivasi agar para mahasiswa sedini mungkin mempersiapkan masa depannya masing-masing.

“Jangan lupa kegiatan ini didokumentasikan, karena boleh jadi hari ini kalian memakai toga dalam sidang semu, empat sampai lima tahun ke depan, kalian akan memakai toga kalian masing-masing dalam persidangan yang sesungguhnya” tuturnya menutup kegiatan. (Njb)