Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Wujudkan Nilai Utama Mahkamah Agung Keterbukaan, Sekretaris PA Magelang Sosialisasikan DIPA Tahun 2023

Kota Magelang – Kamis (12/01/2023) Dalam rangka mewujudkan salah satu dari 8 Nilai Utama Mahkamah Agung, keterbukaan, Pengadilan Agama Magelang sebagai lembaga yang berada dibawahnya melaksanakan sosialisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Sosialisasi yang dimulai pada pukul 13.00 tersebut ditunjukan agar terdapat transparansi anggaran serta alokasi penggunaannya, dan juga sebagai dasar pembuatan program kerja, serta mengakomodir kebutuhan organisasi.

Sosialisasi yang disampaikan oleh sekretaris PA Magelang Adhi Kurniawan S.Kom, diawali dengan memaparkan Laporan Realisasi Anggaran tahun 2022. Dari tiga jenis belanja, yaitu belanja modal, belanja barang, serta belanja pegawai sudah terealisasi hingga menyentuh 99%. Dan akibat penyerapan anggaran yang transparant tersebut PA Magelang memperoleh peringkat terbaik 1 DIPA 04 dan terbaik 2 DIPA 01, berdasarkan penilaian Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dari Kementerian Keuangan.

Setelah memaparkan laporan Realisasi Anggaran tahun 2022, Sekretaris juga melanjutkan sosialisasi Pagu Anggaran tahun 2023 ini. Sebagaimana saat ini yang telah masuk pada siklus pelaksanaan anggaran, Adhi menjelaskan terkait uraian kegiatan serta pagu anggaran yang akan digunakan di tahun ini. Terdapat beberapa penyesuaian baru yang dilaksanakan dalam kegiatan dan penggunaan pagu anggaran tahun ini. Beberapa diantaranya adalah pengadaan seragam dinas pegawai dan hakim, penambahan honor operasional satuan kerja, serta tidak adanya belanja modal untuk layanan sarana dan prasarana internal. Kedepannya Adhi berharap PA Magelang mendapat anggaran terkait layanan sarpras tersebut, agar dapat dimanfaatkan bagi para pencari keadilan.

Sebelum sosialisasi ditutup, dilaksanakan sesi tanya jawab serta memberikan masukan terkait penggunaan anggaran tersebut. Dan acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi bulan Januari 2023. (bgs)