Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Wujudkan Sinergi Pelayanan Keadilan, Pengadilan Agama Magelang dan PA SE Jawa Tengah Bekerjasama dengan Balai Harta Peninggalan

Semarang- Rabu (27/7/2022), Bertempat di Ballroom Lantai 1 Hotel Quest, Semarang, dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Magelang dan Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah dengan Balai Harta Peninggalan (BHP) Semarang.

Baca Juga: Sah! Pengadilan Agama dan Pemerintah Kota Magelang Teken Nota Kesepahaman Untuk Peningkatan Layanan Publik

Dalam sambutannya, Kepala BHP, Hendra Andy Satya Gurning, S.H., M.H. menjelaskan bahwa fungsi BHP dalam KUH Perdata adalah sebagai wali sementara bagi anak yang sudah tidak memiliki orang tua atau orang tua ada namun tidak bisa/mampu mengurus anak

Hal ini sesuai dengan ketentuan di dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Balai Harta Peninggalan (BHP) memiliki 8 kewenangan yang semuanya terkait dengan harta peninggalan .

BHP merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kemenkumham sangat menyambut baik MoU ini sebagai bentuk penghargaan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kisah Gala Sky yang merupakan anak almarhum artis Vannesa Angel membuat orang mengetahui bahwa ada hak-hak anak yg melekat terkait harta milik orang tuanya dan itu merupakan salah satu fungsi daripada BHP mengawal harta si anak”, tuturnya.

“Dalam perjalanan waktu, sampai anak dewasa harus bisa dijamin harta tersebut memang sepenuhnya untuk kepentingan si anak, itulah peran BHP dalam mengawal harta yang menjadi hak anak”, tambahnya.

Setelah sambutan KPTA Semarang , Drs. H. Muhammad Yamin Awie, S.H.,M.H. dilanjutkan dengan sosialisasi tugas pokok dan fungsi BHP yang berkaitan dengan Pengadilan Agama secara lebih detail oleh Pejabat Fungsional Ahli Madya, Amin Fajar Ocham S.H.M.H. (AK)