Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Ikuti Webinar Bersama Mahkamah Agung dan Kementerian Agraria

Kota Magelang, 6 Desember 2023 – Bertempat di ruang media center Aparatur Pengadilan Agama Magelang mengikuti webinar antara Mahkamah Agung dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional secara virtual melalui platform Zoom. Acara tersebut berlangsung di ruang Prof. Kusumah Atmaja, gedung Mahkamah Agung, Jakarta dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Ketua Mahkamah Agung, para Hakim Agung, serta perwakilan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Webinar diawali dengan momen penting, yaitu penandatanganan Nota Kesepahaman antara Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Nota Kesepahaman ini, dengan nomor 2/NK/MA/2023 dan nomor 49/SKB-100.HK.03.01/XII/2023, bertujuan untuk memperkuat sinergi tugas dan fungsi di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang, serta penguatan kapasitas penanganan perkara tanah.

Ketua Mahkamah Agung, Prof Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., dalam sambutannya menyatakan, “Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan kerja sama antara Mahkamah Agung dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Sinergi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam penanganan perkara tanah di Indonesia.”

Setelah penandatanganan nota kesepahaman, acara dilanjutkan dengan sesi utama, yakni webinar dengan judul “Pembuktian Materil dalam Sengketa Tanah”. Narasumber terkemuka dari Mahkamah Agung dan Kementerian Agraria memberikan paparan mendalam mengenai aspek-aspek kritis dalam pembuktian materil dalam konteks sengketa tanah.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab. Diskusi aktif ini ruang bagi pertukaran pandangan dan pemahaman yang lebih dalam terkait isu-isu yang kompleks dalam penyelesaian sengketa tanah. (FPP)