Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Magelang Ikuti Pembinaan Hakim Agung dan Dirjen Badilag di PTA Semarang

Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Magelang Ikuti Pembinaan Hakim Agung dan Dirjen Badilag di PTA Semarang

Magelang – Jumat (1/10/2021)  bertempat di Ballroom Hotel Rama Shinta Hotel Patra Jasa Semarang, Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengadakan pembinaan oleh Ketua Kamar Agama dan Dirjen Badilag Mahkamah Agung RI.

Pembinaan ini diikuti oleh seluruh Ketua, Panitera dan Sekretaris PA se-Jawa Tengah. Acara ini juga dirangkai dengan launching inovasi PTA semarang sebagai bentuk ikhtiar dalam melayani masyarakat serta persiapan meraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).

Yang Mulia Dr. H. Amran Suadi, S.H., M. Hum., M.M. selaku ketua Kamar Agama (Tuaka Agama) Mahkamah Agung RI berpesan agar hakim selalu meningkatkan kemampuan teknik yuridis. Khusus bagi ketua harus mempunyai seni dalam pelaksanaan eksekusi.

Dr. H. Aco Nur, S.H., M.H., juga berpesan kepada seluruh peserta pembinaan agar selalu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan melakukan optimalisasi teknologi informasi, sehingga kehadiran PA bisa dirasakan oleh masyarakat.

Sudah menjadi kewajiban Pengadilan Agama untuk mewujudkan keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan di tengah masyarakat. Pelayanan berbasis teknologi menjadi solusi dengannemaksimalkan aplikasi gugatan mandiri, ecourt dan elitigasi.

Di samping itu percepatan proses penyelesaian perkara dan peningkatan nilai SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) juga menjadi prioritas.

Di sisi lain, badilag telah menjalin kerjasama pengembangan SDM  dengan beberapa instansi baik di dalam maupun di luar negeri.

Salah satunya dengan Universitas Ibnu Suud (LIPIA), terutama pelatihan hakim ekonomi syariah bagi hakim perempuan, karena selama ini yg dikirim ke Saudi dan Sudan hanya hakim laki-laki. Diadakan juga Pelatihan bahasa Arab gratis setiap hari Sabtu dan Ahad.