Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

WAKIL KETUA PA MAGELANG IKUTI DIKLAT EKONOMI SYARIAH TAHUN 2023 DI RIYADH, ARAB SAUDI

Kota Magelang, 07 November 2023. Wakil Ketua Pengadilan Agama Magelang kelas II, Nurhasan, S.H.I., M.E. dipilih oleh Mahkamah Agung RI untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Hakim Ekonomi Syariah Tahun 2023 pada Higher Judicial Institute, Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi bersama 34 peserta lainnya yang terdiri mulai dari KPTA, hakim tinggi, ketua/wakil ketua serta hakim dilingkungan peradilan agama.

Baca juga: Kunjungan Wakil Ketua PA Magelang dan Rombongan ke Syekh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syekh

Kegiatan Diklat yang dilangsungkan dari tanggal 4 November- 21 November 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan Hakim Peradilan Agama dalam penerapan hukum ekonomi syariah, meningkatkan pemahaman tentang reformasi sistem peradilan, meningkatkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses peradilan serta memperkuat Kerjasama antar Lembaga dalam konteks penegakan.

Pada kesempatan itu, Ketua Kamar Agama, Prof. Dr. Drs. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada 35 Hakim yang terpilih untuk mengikuti kegiatan tersebut. Lebih lanjut, ia juga berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya.

“Baktikan kepesertaan Bapak-Bapak untuk semaksimal mungkin bagi kepentingan Lembaga, pelajari sistem pengawasan, kepailitan syariah, eksekusi putusan pengadilan dan pelaksanaan eksekusi putusan pengadilan, serta penerapan teknologi informasi di Lembaga peradilan di Arab Saudi. Selain itu, peserta diklat juga diharapkan mengomparasi pelaksanaan eksekusi Putusan Pengadilan Riyadh dengan Indonesia”.

Selain itu, Wakil Ketua Mahkamag Agung, Yang Mulia Dr. Sunarto, S.H., M.H. juga berpesan kepada para peserta untuk senantiasa menjaga nama baik Lembaga Mahkamah Agung, dengan integritas dan dedikasi yang tinggi, serta agar selalu menjaga Kesehatan dan mengikuti diklat dengan baik.

Sebagai informasi, Higher Judicial Institute Riyadh adalah lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan kapasitas para hakim di Arab Saudi. Lembaga ini memegang peran penting dalam menyelenggarakan berbagai program pelatihan, seminar, dan perkuliahan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam bidang hukum Islam. Dengan jajaran staf pengajar yang terampil dan berpengalaman, Higher Judicial Institute Riyadh telah menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan hukum Islam.