Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Lakukan Monev Pelaksanaan Pelayanan Posbakum

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Lakukan Monev Pelaksanaan Pelayanan Posbakum

WhatsApp Image 2022-05-31 at 15.17.15.jpeg

Magelang – Aparatur Pengadilan Agama Magelang lakukan Monitoring dan Evaluasi kinerja Posbakum (Pos Bantuan Hukum) pada Selasa siang, 31 Mei 2022. Monev dilaksanakan di ruang tamu Panitera Pengadilan Agama Magelang.

Baca Juga : Monitoring dan Evaluasi

Petugas Posbakum Ika Arum Larasati, S.H.   yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) UNIMMA Magelang menghadiri agenda ini.

Acara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Magelang Septianah, S.H.I., M.H. Turut hadir dalam rapat ini Wakil Ketua, Panitera, para Panitera Muda dan Sekretaris  PA Magelang. Acara dibuka oleh Sekretaris, Adhi Kurniawan S.Kom dan diawali dengan sambutan Ketua PA Magelang.

“Saat pembuatan gugatan jangan langsung diarahkan ke huruf f (PP No 9 Tahun 1975 Pasal 19) tetapi ditanya mendetail terlebih dahulu, bisa jadi melanggar huruf b atau penyebab lainnya,” ujarnya.

Dari Panitera lebih menekankan pada ketelitian penulisan nama para pihak, kemudian juga pada perkara volunteer (ijin poligami), pencatatan harta-harta dari istri pertama harus dilakukan terlebih dahulu.

Panitera Muda Hukum juga memberikan masukan senada dengan  Panitera dengan menambahkan bahwa jam layanan Posbakum dituangkan dalam laporan.

Wakil Ketua PA Magelang menyampaikan bahwa hendaknya petugas Posbakum meningkatkan koordinasi dan melakukan formulasi gugatan/permohonan sesuai dengan dengan hukum acara (syarat formil).

Sekretaris juga menyampaikan bahwa petugas Posbakum harus mempertahankan serta meningkatkan kinerjanya dalam pemberian pelayanan kepada para pencari keadilan agar tidak ada keluhan dari para pihak yang merasa tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

“Petugas Posbakum agar lebih memperhatikan perilaku dan pelayanan saat melayani para pihak pencari keadilan utamakanlah pelayanan prima, imbuhnya .

Selanjutnya dari pihak LBH menyampaikan kendala yang dihadapi di lapangan. Kedepannya mereka berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi dan konsultasi kepada Tim Monitoring dan Evaluasi Pengadilan Agama Magelang serta akan memperbaiki hal-hal yang menjadi temuan dari tim monitoring dan Evaluasi. (AK)

Leave a Comment