Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Hakim Pengadilan Agama Magelang Hadiri FGD Rencana Aksi Daerah Kota Layak Anak di DPMP4KB Kota Magelang

Magelang, 6 November 2023, Hakim Pengadilan Agama Magelang, Fajar Pardanny Putri, S.E., S.Sy., M.H, menghadiri Forum Group Discussion (FGD) yang membahas Rencana Aksi Daerah Kota Layak Anak (RAD LKA) Kota Magelang. Acara ini digelar di Aula Lantai 2 Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang dimulai pukul 10.00 WIB.

Acara yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk pejabat pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, tokoh masyarakat, media massa serta para akademisi ini menjadi tonggak awal dalam penyusunan RAD LKA Kota Magelang tahun 2024.

“Saya bangga mengatakan bahwa Kota Magelang telah mencapai standar kota yang layak anak dalam berbagai aspek. Namun, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Kota Magelang. Kami berharap tahun depan kita dapat mengukuhkan posisi Kota Magelang memperoleh Kota Layak Anak kategori ideal sebagai lingkungan yang semakin layak untuk anak-anak,” ujar Nasrodin, S.Kep., Ners., M.M.

Hakim Fajar Pardanny Putri, sebagai perwakilan dari lembaga peradilan, memberikan kontribusi berharga terutama dalam indikator Layak Anak Kluster II (Lingkungan Keluarga & Pengasulan Alternatif) dengan memberikan pandangan hukum dan pemahaman tentang perlindungan anak dalam ranah hukum yang relevan. Beliau menggarisbawahi pentingnya melindungi hak-hak anak dan pencegahan pernikahan anak, yang merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, pemerintah, dan lembaga peradilan.

Acara FGD berlangsung penuh semangat, dengan peserta berdiskusi intensif selama beberapa jam. Mereka membahas berbagai aspek yang relevan dengan RAD LKA, seperti pendidikan, kesehatan, perlindungan, dan partisipasi anak dalam pengambilan keputusan.

Hasil dari FGD ini diharapkan akan menjadi dasar yang kuat untuk penyusunan RAD LKA Kota Magelang tahun 2024 yang lebih komprehensif dan efektif dalam melindungi serta mempromosikan hak-hak anak. Acara ini memperlihatkan kolaborasi antara berbagai pihak dalam upaya menciptakan Kota Magelang yang semakin layak untuk anak-anak, di mana mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan aman dan sejahtera. (fpp)