Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

KPA Magelang Hadir Secara Virtual Dalam Bedah Buku Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Perkara Sengketa Ekonomi Syariah

Magelang – Ketua Pengadilan Agama Magelang Septianah, S.H.I., M.H mengikuti kegiatan zoom meeting bedah buku karangan YM Prof. Dr. Drs Amran Suadi, S.H., M.H berjudul Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Perkara Sengketa Ekonomi Syariah Selasa (29/3/2022).

Dalam sambutannya, Dirjen Badilag memberikan apresiasinya terhadap buku ini dan menyampaikan agar hakim di lingkungan Peradilan Agama untuk dapat memiliki buku ini tersebut. Lebih dari itu para hakim dapat menggali lebih dalam terhadap buku yang di tulis oleh Hakim Agung yang dikukuhkan menjadi Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya pada 14 Maret 2022 lalu.

Selanjutnya penulis buku menyampaikan bahwa beliau merasa tersanjung adanya apresiasi Dirjen Badilag, praktisi hukum, dosen dan guru besar ekonomi syariah serta di saksikan oleh 467 peserta zoom yang hadir secara virtual.

Sebagai pembedah buku pertama dihadirkan Prof. DR. Euis Amalia, M.Ag, CRP selaku Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah. Beliau pun menyampaikan apresiasi terhadap buku ini.

“Buku ini ditulis dengan komprehensif dan berisi 186 halaman, pendekatan dilakukan secara kualitatif. Dari sisi teori, sejarah data empiris dan contoh kasus dengan analisis dan pembahasan yang terstruktur dan sistematis.
Buku ini juga ditulis secara ringan sehingga enak untuk di baca dan mudah dipahami,”demikian pujinya.

Namun beliau menyampaikan perlu dilakukan kajian secara spesifik aspek hukum di bidang ekonomi syariah, keuangan syariah, lembaga zakat, wakaf dan bisnis syariah dengan harapan ke depan terhadap penelitian buku ini akan terus berlanjut.

Pembedah buku kedua adalah Prof. Dr. Jaih Mubarok, Guru Besar UIN Bandung menyampaikan beliau sangat bahagia dengan terbitnya buku ini. Di tengah pekerjaan penulis yang sangat padat, hasil karya buku ini menjadi karya luar biasa. Tentu hal ini dapat memicu hakim-hakim muda untuk dapat membuat karya berupa buku seperti yang dilakukan oleh YM Prof. Drs. Drs Amran Suadi, S.H.

Terakhir pembedah buku ketiga adalah Dr. Sutan Emir Hidayat, M.B.A. yang juga sebagai Direktur Infrastruktur KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah RI). Beliau menyampaikan ucapan selamat atas peluncuran buku yang sangat berkontribusi untuk dunia perbankan syariah di Indonesia.

Beliau menyampaikan prestasi keuangan syariah Indonesia menduduki peringkat ke-2 dalam Global Finance Report (GIFR) 2021 dan mendapatkan 2 penghargaan dari Global Islamic Finance Awar di tahun 2021. Artinya buku Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Perkara Sengketa Ekonomi Syariah tersebut ikut berkontribusi dalam kancah internasional.

Terakhir beliau menyampaikan buku ini sangat urgent karena berkaitan dengan BASYARNAS dan Pengadilan Agama. Selain itu buku ini juga melampirkan putusan-putusan ekonomi syariah dan menjadi ilmu yang bermanfaat baik bagi pembacanya terlebih bagi penulis buku. (Spt)

Leave a Comment