Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Kultum Ramadhan, Panmud Hukum Ingatkan Pentingnya Saling Menasehati Dalam Kebaikan

Magelang (07/4/22). Aparatur PA Magelang melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah yang dilanjutkan dengan Kultum yang disampaikan oleh Purwadi, S.H. (Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Magelang).

Dalam kultumnya beliau memaparkan bahwa sebagai sesama muslim untuk dapat saling mengingatkan dalam hal kebaikan.

“Demi Masa, Sesungguhnya manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran” kutipnya menerangkan Q.S Al-Asr.

Hal ini terutama pada bulan ramadhan seperti saat ini, dimana Allah SWT berjanji untuk melipatgandakan amal perbuatan di bulan suci ini.

Selain itu ia juga menyampaikan betapa pentingnya hidayah bagi umat muslim. Hidayah merupakan petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT kepada siapa saja hambanya untuk memperbaiki dirinya ke jalan yang benar.

Hidayah tidak tahu kapan dan siapa yang mendapatkannya itu semua kembali kepada Allah SWT yang mengetahuinya.

Lebih lanjut, Purwadi menceritakan kisah seorang nonmuslim yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT, yang mana pada awal keislamannya dia harus berjuang untuk menjalankan perintah Allah SWT ditengah ketidaksetujuan keluarganya. Salah satunya harus beribadah diam diam sebelum akhirnya diridhoi oleh keluarganya.

Dari kisah tersebut mengingatkan betapa beruntungnya kita yang dilahirkan dari keluarga muslim. Namun, seringkali kita melupakan hal tersebut. Misalnya ketika mendapat panggilan solat tidak bergegas ke mushola untuk mengambil air wudhu dan segera melaksanakan ibadah solat.

Oleh karena itu, marilah kita saling mengingatkan dalam hal kebaikan terutama di bulan suci ramadhan, insya allah pahalanya akan berlipat ganda

Setelah Kultum selesai kemudian acara ditutup oleh Pembawa Acara Firda Fachrin Nisa, S.H.

Leave a Comment