Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

PA Magelang Kelas II Dipercaya Sebagai Salah Satu Pilot Project Ujicoba Aplikasi Badilag

Magelang – Jumat (10/9/2021) administrator SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Pengadilan Agama Magelang mengikuti zoom meeting Uji Coba Verifikasi dan Validasi Data Perkara pada aplikasi SIPP Mahkamah Agung RI.

Aplikasi yang dikembangkan tersebut biasa dikenal dengan Aplikasi Pendukung SIPP (APS). Kegiatan zoom meeting dilaksanakan pada pukul 09.00-selesai.

Kegiatan ini sendiri hanya dilakukan antara Badilag dengan satker-satker yang sudah dipilih. PA Magelang menjadi salah satu satker yang terpilih sebagai pilot project ujicoba dan pengembangan aplikasi.

Selain PA Magelang, kegiatan ini diikuti oleh admin SIPP se-PTA Jawa Tengah secara virtual. Hal ini sebagai bentuk pemenuhan amanat Pasal 29 Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik dan huruf A Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 129/KMA/SK/VIII/2019 Tentang Juknis Administrasi Perkara dan Persidangan secara Elektronik.

Melalui pelaksanaan uji coba sistem menu validasi data pada perkara pada Aplikasi Pendukung SIPP yang saat ini sedang dikembangkan oleh Badilag nantinya mudah melakukan verifikasi dan audit data perkara.

Teknis ujicoba dan simulasi updating difokuskan pada 3 (tiga) tahap yaitu : Penurunan Versi SIPP, Update Aplikasi APS dan Trouble Shooting (penanganan) masalah.

Kontributor : Firda Fachrin Nisa, Editor : Sapuan