Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Penandatangan Pakta Integritas dan Penyerahan Piagam Penghargaan Satya Lancana Karya Satya

Magelang, Selasa, 29 Agustus 2016 pukul 07.30 WIB, bersamaan dengan Apel Pagi Rutin hari Senin, bertempat di Halaman Depan Kantor Pengadilan Agama Magelang diadakan penandatangan Pakta Integritas dari seluruh jajaran Pengadilan Agama Magelang dan Penyerahan Piagam Penghargaan Satya Lancana Karya Satya dari Pemerintah RI kepada Pegawai Pengadilan Agama Magelang.

foto 1
foto 1
foto 1

Acara penandatanganan pakta integritas dimulai dengan pemaparan dari Ketua Pengadilan Agama Magelang. Pakta Integritas digambarkan beliau sebagai Bangunan Pagar Halaman yang sejatinya adalah sebagi alat untuk membatasi hal-hal yang tidak diperbolehkan, akan tetapi dari semuanya itu hal yang paling terpenting adalah bagaimana kita mendengar hati nurani yang oleh orang bijak dikatakan sebagai suara kebenaran. Setelah pemaparan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Magelang.

Inti dari Pakta Integritas tersebut adalah sesuai dengan Surat Keputusan Ketua MA Nomor 194A/KMA/SK/XI/2014 tentang Pembentukan Tim Pembangunan Zona Integritas Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah perlunya sebuah komitmen bersama dengan menunjukan itikad baik untuk bertanggungjawab dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran. Sedangkan pakta merupakan bentuk perjanjian. Sehingga dapat kita sebut bahwa pakta integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku.

foto 1
foto 1
foto 1
foto 1

Dengan adanya pakta integritas ini, Pengadilan Agama Magelang mengharapkan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu pakta integritas tersebut merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, dan bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.

Selepas Acara penandatanganan pakta integritas Ketua Pengadilan Agama Magelang juga berkesempatan menyerahkan Piagam Penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada beberapa Pegawai Pengadilan Agama Magelang yang telah memenuhi persyaratan tersebut

Leave a Comment