Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Pimpinan dan Aparatur PA Magelang Ikuti Sosialisasi Calon Hakim yang Dilaksanakan Secara Virtual oleh Mahkamah Agung

Kota Magelang, 5/10/2023 – Mahkamah Agung menggelar sosialisasi yang sangat penting secara virtual tentang pengadaan Calon Hakim (cakim). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Magelang, Sekretaris, Kasubag Kepegawaian, dan Analis Perkara Peradilan angkatan 2021.

Dalam acara tersebut, Plt. Sekretaris Mahkamah Agung, Sugiyanto, S.H., M.H., memimpin dan memberikan informasi krusial mengenai proses seleksi pengadaan Calon Hakim yang akan diambil dari kalangan Analis Perkara Peradilan angkatan 2021. Sugiyanto membagikan wawasan penting mengenai alokasi kebutuhan hakim di lingkup badan peradilan umum, peradilan agama, dan tata usaha negara.

Beliau menjelaskan bahwa kebutuhan hakim di ketiga lingkup tersebut dapat diisi oleh pegawai sesuai dengan minat dan kompetensi mereka. Hal ini menekankan pentingnya memilih karier hakim sesuai dengan pemahaman dan integritas pribadi masing-masing pegawai.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut, Plt. Sekretaris juga menjelaskan secara rinci alur pelaksanaan seleksi cakim. Alur ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendaftaran, tahap seleksi, penilaian, dan penetapan kelulusan. Tahap seleksi, lanjut Sugiyanto, akan terbagi menjadi seleksi administrasi, psikotes, seleksi substansi hukum, dan wawancara.

Dalam penutupannya, Sugiyanto berharap bahwa seluruh peserta sosialisasi dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti proses seleksi calon hakim. Ia mendorong peserta untuk memilih peminatan hakim sesuai dengan kompetensi yang dimiliki serta hati nurani masing-masing individu.

Sosialisasi ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam upaya mencari dan mengembangkan calon hakim yang berkualitas, yang nantinya akan berperan dalam menegakkan keadilan serta menjadi generasi penerus para pimpinan di Mahkamah Agung