Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Tak Puas dengan WBBM, Pimpinan Pengadilan Agama Magelang Belajar SMAP ke Pengadilan Agama Bantul

Bantul, Rabu (07/02/2023)- Setelah meraih prestasi sebagai Pengadilan Agama dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Ketua Pengadilan Agama Magelang, Septianah, S.H.I., M.H. didampingi oleh Hakim, Sekretaris, Kasubag Umum dan Keuangan beserta jajarannya mengunjungi Pengadilan Agama Bantul dalam rangka belajar dan bertukar informasi mengenai penerapan Sistem Manajemen Anti Korupsi (SMAP).

Baca Juga: Penguatan Integritas, PA Magelang Gelar Public Campaign Anti Korupsi

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat, KPA Magelang disambut oleh pimpinan PA Bantul, Ruslan Saleh, S.Ag., M.H.., selaku Ketua Pengadilan, Irfan Husaeni S.Ag M.S.I. (Wakil Ketua), Fajar Widodo S.H.I, MHP (Sekretaris) dan Anas Mubarok S.H. (Panitera).

Septianah menyampaikan tujuan kunjungannya, yaitu untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam mengenai langkah-langkah konkret yang telah diimplementasikan oleh PA Bantul dalam penerapan SMAP. Kegiatan ini sebagai bagian dari ikhtiar PA Magelang untuk mempertahankan WBBM dan memperkuat integritas serta meningkatkan kualitas layanan.

Ruslan Saleh beserta tim dengan senang hati membagikan pengalaman serta keberhasilan yang telah diraih oleh PA Bantul di bawah kepemimpinannya. Irfan Husaeni selaku ketua tim menjelaskan bahwa SMAP sejalan dengan WBK dan WBBM, yang mana SMAP bertujuan untuk membangun sistem manajemen pencegahan agar tidak terjadi korupsi, gratifikasi, suap dan pungli (KGSP). Tak hanya Irfan Husaeni, tim SMAP PA Bantul juga membagikan langkah-langkah yang telah diterapkan termasuk komitmen, dokumen, internalisasi, sosialisasi internal dan eksternal, sarana prasarana, mitigasi resiko yang telah diterapkan, teknis assessment internal, termasuk hasil yang diinginkan.

Pertukaran ide dan informasi antara kedua belah pihak menjadi momen penting dalam kunjungan ini. Pertemuan ini juga melibatkan diskusi dari kedua pihak, selain mempelajari SMAP, mereka juga membahas strategi dalam meraih WBMM. Mengingat kedua Pengadilan ini sama-sama berprestasi, PA Bantul merupakan salah satu satuan kerja di lingkungan Mahkamah Agung peraih predikat WBK dan SMAP pada tahun 2023 dengan Predikat A dan PA Magelang merupakah satu-satunya satuan kerja di lingkungan MA yang meraih predikat WBBM pada tahun 2023 ini.

Kedua belah pihak berharap kunjungan ini dapat menjadi langkah awal untuk kerja sama lebih lanjut dan memberikan dampak positif dalam upaya menciptakan lingkungan peradilan yang berintegritas dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.