Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Aparatur Pengadilan Agama Magelang Ikuti Pembukaan Rakor dan Peluncuran Aplikasi Terbaru Badilag Secara Virtual

(Aparatur Pengadilan Agama Magelang mengikuti pembukaan kegiatan melalui daring)

Magelang – Minggu (13/3/2022) seluruh aparatur Pengadilan Agama Magelang mengikuti pembukaan rapat koordinasi (Rakor), peluncuran aplikasi, pemberian penghargaan kepada Pengadilan berprestasi dan pembinaan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting bertempat di Media Center Pengadilan Agama Magelang. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 19.00-selesai.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyampaian laporan oleh Direktur Jenderal Badilag (Dirjen Badilag) Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. terkait beberapa hal sebagai berikut:

Pertama, bahwa Rakor adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Badilag dengan  Kamar Agama dan PTA Se-Indonesia. Kegiatan membahas program kerja yang akan diimplementasikan oleh PTA se-Indonesia pada tahun 2022. Dalam Rakor ini dibagi menjadi tiga komisi yaitu Komisi Teknis Yustisial, Komisi Kepaniteraan dan Komisi Kesekretariatan.

Kedua, Badilag telah membuat aplikasi SIMTEPA sebagai aplikasi pendukung SIKEP MARI untuk memudahkan dalam pelaksanaan  promosi dan mutasi di lingkungan Badilag.

Ketiga, peluncuran aplikasi ACO (Access CCTV Online) yang merupakan upaya untuk mewujudkan transparansi peradilan dalam rangka pelaksanaan Zona Integritas baik WBK dan WBBM. Saat ini setidaknya terdapat 4.000 titik cctv di 441 satker Pengadilan Agama seluruh Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut Mahkamah Agung c.q.  Badan Peradilan Agama dianugerahi Penghargaan dari MURI sebagai Lembaga Yudikatif dengan CCTV sentral terbanyak secara daring yang diterima langsung oleh Bapak YM Prof. Dr. H. Syarifuddin, S.H., M.H., Ketua Mahkamah Agung RI.

Selanjutnya dilakukan launching Aplikasi ACO dan SIMTEPA yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Ketua MARI dengan didampingi Waka MA Yudisial, Waka MA Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, dan Sekretaris MA.

Dalam kesempatan tersebut YM Ketua Mahkamah Agung juga berkenan membuka dan melihat secara langsung CCTV di beberapa peradilan wilayah Indonesia bagian barat, tengah maupun timur Indonesia

Selain itu, Dirjen Badilag MARI juga menyerahkan penghargaan kepada Satker yang berprestasi selama tahun 2021. Satker-satker yang memperoleh penghargaan tersebut terdiri dari Top Inovator Pelayanan Publik, Penghargaan Sertifikat APM, Penghargaan SIPP Tahun 2021, Penghargaan SIPP 3 s.d. 5 bulan, Penghargaan e-Court dan juga Penghargaan Mediator Terbaik. (Frd)

Leave a Comment