Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Serah Terima Mahasiswa PPL/Magang dari IAIN Salatiga

foto 1foto 1

Hari Kamis tanggal 5 Juli 2018 Pengadilan Agama Magelang menerima mahasiswa IAIN Salatiga yang akan mengikuti kegiatan akademik berupa Praktikum Pengembangan Profesi (PPP)/Magang tahun akademik 2018/2019. Acara pembukaan dan serah terima mahasiswa magang sejumlah 5 orang mahasiswa dari Fakultas Syariah Program Studi Hukum Ekonomi Syariah tersebut diselenggarakan dan dibuka di ruang rapat PA Magelang yang terletak di Jalan Sunan Giri Jurangombo Selatan Kota Magelang.

Pada acara tersebut, hadir Ketua Pengadilan Agama Magelang (Drs. H. Tubagus Masrur, SH) didampingi oleh Bapak Panitera (Drs. Saefudin), Bapak Sekretaris (Parjono, SH) dan Hakim pembimbing (H. Muhammad Nuruddin, Lc., MSi.). Tampak pula Muh. Hafidz, M.Ag dari pihak IAIN Salatiga selaku perwakilan dari Dosen Pembimbing.

foto 1

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Magelang manyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan IAIN Salatiga menunjuk Pengadilan Agama Magelang sebagai tempat mahasiswa menimba ilmu dalam kegiatan magang. Selain itu, Beliau juga menyampaikan pesan agar para mahasiswa memanfaatkan kesempatan yang singkat ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya mengingat kegiatan tersebut hanya diselenggarakan dalam waktu yang singkat yakni mulai tanggal 5 Juli-4 Agustus 2018. Di akhir sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Magelang memberikan sedikit pengetahuan mengenai peluang karir lulusan Fakultas Syariah di Pengadilan Agama yang dapat dijejaki para mahasiswa peserta magang ketika nanti telah lulus dari kampus.

Turut serta memberi sambutan adalah H. Muhammad Nuruddin, Lc., MSi selaku Hakim pembimbing. Di awal sambutannya, Beliau menyampaikan tentang pola bekerjanya pelayanan sebuah pengadilan yang secara garis besar dapat dibagi menjadi 3 bagian yakni kesekretariatan, kepaniteraan, dan majelis. Beliau berpesan agar mahasiswa peserta magang tidak sungkan untuk aktif bertanya serta mendiskusikan apabila melihat permasalahan yang tidak sesuai dengan teori dan praktek di lapangan, sehingga terjadi komunikasi dua arah.

Pihak IAIN Salatiga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pengadilan Agama Magelang yang telah bersedia untuk menjadi lokasi magang mahasiswa. Menurutnya mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang ini rata-rata memasuki semester 7 dan telah mendapatkan ilmu hukum materiil maupun formil dari kampus dan sekarang ini sudah saatnya melihat dan mengamati praktek secara langsung di Pengadilan Agama. Beliau juga berharap semoga kerjasama dan hubungan kekeluargaan antara PA Magelang dengan IAIN Salatiga khususnya Fakultas Syariah dapat terjaga dengan baik.

foto 1

Di akhir acara, Dosen pembimbing secara simbolik menyerahkan 5 orang mahasiswa IAIN Salatiga tersebut kepada Pengadilan Agama Magelang melalui Bapak Ketua.

Leave a Comment