Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Sosialisasi Bimtek SIMKARA Se-Karesidenan Kedu

foto 1foto 1

Magelang- Jumat, 3 Agustus 2018, Berdasarkan hasil rapat koordinasi wilayah karesidenan Kedu, ketua koordinator Ibu Hj. Mahmudah, MH menunjuk Pengadilan Agama Magelang sebagai tuan rumah dalam acara Sosialisasi Bimbingan Teknis SIMKARA (Sistem Informasi Managemen Perkara) se-karesidenan Kedu. Acara ini berlangsung pada hari Jum’at, 3 Agustus 2018 dari pukul 08.30-16.00 WIB bertempat di Hotel Trio dan dihadiri oleh enam (6) Pengadilan Agama se-karesidenan Kedu yaitu Pengadilan Agama Magelang, Pengadilan agama Mungkid, Pengadilan Agama Wonosobo, Pengadilan Agama Purworejo, Pengadilan Agama Kebumen, Pengadilan Agama temanggung serta Pengadilan Agama Banjarnegara sebagai narasumber. Acara tersebut diikuti oleh delapan perwakilan dari masing-masing pengadilan yang terdiri dari Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panmud Hukum, Kasir, Admin Keperkaraan serta Admin Kesekretariatan.

foto 1

Narasumber pada acara tersebut adalah dua orang dari Pengadilan Agama Banjarnegara, yang merupakan Pengadilan percontohan dalam penerapan aplikasi SIMKARA ini. Aplikasi SIMKARA ini sendiri merupakan aplikasi pendukung dari SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang didalamnya masih belum mancakup berbagai aspek untuk menunjang kinerja bagian kepaniteraan dan kesekretariatan. Dalam acara tersebut dibahas beberapa masalah bagian keperkaraan, diantaranya adalah BAS (Berita Acara Sidang), serta putusan. Selama ini di SIPP belum mengakomodir BAS dan putusan, sehingga seringkali bagian kepaniteraan menggunakan aplikasi pendukung lain untuk menunjang SIPP. Didasarkan pada permasalahan tersebut, kemudian dibuatlah terobosan untuk membuat aplikasi yang kemudian dinamakan SIMKARA.

foto 1

SIMKARA ini terintegrasi di dalam SIPP yang memuat beberapa hal yang sebelumnya belum ada, seperti, cara mengedit BAS, putusan, serta membuat variabel sehingga terdapat keseragaman antara pengadilan yang satu dengan pengadilan yang lain. Harapannya, dengan adanya aplikasi ini dapat memaksimalkan dan mendukung kerja hakim, panitera, juru sita serta kasir serta bidang kesekretariatan dalam menunjang bekerja. Selain itu, outputnya dapat memberikan pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat.

Leave a Comment