Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Asah Pemahaman Data Tenaga Teknis, Ketua dan Tenaga Fungsional PA Magelang Ikuti Pembinaan dan Sosialisasi

Kota Magelang, Rabu (13/09/2023) bertempat di Media Center, Ketua, Hakim, Panitera, dan Pejabat Teknis PA Magelang mengikuti pembinaan dan sosialisasi Juknis Pengelolaan Data Tenaga Teknis Peradilan Agama.

Pembinaan dan sosialisasi tersebut dibuka pukul 13.00 WIB oleh plt. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H.

Rangkaian kemudian dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Direktur Tenaga Teknis Peradilan Agama Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag.

Disampaikan oleh Dirbingnis sampai saat ini masalah kekurangan Hakim dan Panitera hampir terjadi di semua satker, agar teeus menerus tercipta pelayanan yang optimal untuk mengatasi problematika tersebut diantaranya dengan pola peebantuan (Detasaring) Hakim dan ijin berperkara dengan Hakim Tunggal.

Opsi lain untuk problematika tersebut adalah dengan kebijakan penyelesaian perkara secara elektronik (ecourt), memperketat syarat untuk menjadi Hakim Tinggi seperti tes membuat putusan banding, tes Tindak Lanjut Hasil Pengawasan (TLHP) serta kelulusannya disesuaikan dengan jumlah Hakim Tinggi yang pensiun.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Juknis Pengelolaan Data Tenaga Teknis, Updating Data Tenaga Teknis Peradilan Agama dan Komponen IP ASN pada Aplikasi SIKEP, serta Sosialisasi Menu SIMTEPA untuk satuan kerja.