Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Kasubag Kepegawaian serta APP PA Magelang Ikuti Sosialisasi Akhir Seleksi Cakim Dari Jabatan Analis Perkara Peradilan Tahun 2021

Magelang, 16/10/2023 – Mahkamah Agung RI menggelar sosialisasi akhir untuk seleksi calon hakim (Cakim) yang berasal dari jabatan Analis Perkara Peradilan (APP) tahun 2021. Acara berlangsung secara virtual tersebut dihadiri oleh seluruh APP dari 4 badan peradilan dari berbagai daerah, termasuk APP yang berasal dari Pengadilan Agama Magelang, didampingi oleh Kasubag Kepegawaian dan Ortala.

Sosialisasi ini menjadi momen penting dalam persiapan menuju proses seleksi yang ketat, dan menghadirkan Plt. Sekretaris Mahkamah Agung, Sugiyanto S.H. M.H., sebagai pembicara utama. Sugiyanto S.H. M.H. menyampaikan bahwa jadwal lengkap seleksi Cakim telah berhasil disusun untuk memastikan kelancaran proses penerimaan calon hakim yang kompeten.

Beliau menyampaikan bahwa proses pendaftaran untuk seleksi Cakim akan dimulai pada bulan November. Hal ini akan menjadi awal perjalanan bagi para APP yang bercita-cita menjadi hakim yang unggul dan bertanggung jawab. Bulan Desember akan menjadi waktu bagi peserta untuk menjalani tes psikotes yang menilai aspek psikologis yang dibutuhkan dalam profesi hakim.

Lebih lanjut, pada bulan Januari tahun depan, proses seleksi akan mencapai tahap yang lebih mendalam dengan pelaksanaan tes substansi hukum dan wawancara. Ini akan menjadi waktu bagi peserta untuk membuktikan pemahaman mendalam mereka tentang hukum formil dan materiil serta kesiapan mereka dalam berkomunikasi dan memahami kasus hukum dengan baik.

Proses terakhir dalam seleksi Cakim akan berlangsung pada bulan Februari, yaitu proses integrasi nilai dari semua tahap seleksi sebelumnya. Hasil akhir dari tahap ini akan menentukan apakah seorang peserta diterima sebagai seorang calon hakim yang akan mendukung dan melaksanakan tugasnya di Mahkamah Agung.

Sugiyanto juga memberikan pesan penting kepada para peserta. Beliau berharap agar setiap peserta dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan menjadikan seleksi ini sebagai tahap awal dalam karier yang cemerlang sebagai hakim. Para calon hakim diharapkan untuk menjadi penerus para pemimpin di Mahkamah Agung dan berkontribusi pada penegakan hukum yang adil di seluruh Indonesia.

Sosialisasi ini memberikan dorongan semangat kepada para calon hakim dan menunjukkan komitmen Mahkamah Agung RI dalam menjaring calon hakim yang berkualitas, memiliki integritas, serta mampu melayani masyarakat dengan baik. Semoga seleksi calon hakim dari jabatan Analis Perkara Peradilan tahun 2021 berjalan lancar dan menghasilkan hakim-hakim yang berkualitas untuk sistem peradilan Indonesia.