Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Mystery Shopper Asesor Eksternal Ditjen Badilag Cek Langsung Pelayanan PTSP Pengadilan Agama Magelang

Magelang – Senin (15/11/2021) Tim Asesor Eksternal Ditjen Badilag melakukan observasi langsung ke Pengadilan Agama Magelang. Tim terdiri dari 5 (lima) orang yang dipimpin satu orang Lead Assesor didampingi 4 (empat) Pendamping Asesor. Sebagaimana biasa yang terjadi di Pengadilan Agama Magelang, kedatangan Tim Asesor tanpa pemberitahuan sedikitpun dan langsung menuju ke pelayanan serta objek penilaian.

Selesai mengadakan apel pagi rutin, agenda kegiatan berjalan sebagaimana biasa. Beberapa menit setelah apel pagi, tiba-tiba ada dua orang yang masuk ke ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Kedua orang tersebut bertanya di masing-masing meja pelayanan. Pertama di meja informasi yang bersangkutan bertanya bagaimana prosedur mengajukan rogatory dan di meja pengambilan produk pengadilan petugas ditanya prosedur pengambilan produk pengadilan apabila pihak di luar negeri dan yang akan mengambil saudaranya.

Sebagaimana biasa, para penerima layanan mendapat penjelasan detail terkait prosedur rogatory dan pengambilan produk pengadilan. Dan petugas tidak curiga sama sekali bahwa yang bertanya tersebut adalah Tim Asesmen Observasi dan Implementasi Penjaminan Mutu Ditjen Badilag.

Petugas mengetahui hal tersebut setelah kedua mystery shopper memperkenalkan diri dan memberikan apresiasi terhadap kesigapan serta kemampuan petugas dalam memberikan informasi yang diminta.

Keduanya kemudian memberikan saran untuk tetap menjaga kualitas layanan sebagaimana yang baru saja diberikan agar masyarakat bisa mendapat informasi dan layanan yang baik karena petugas PTSP adalah garda terdepan layanan Pengadilan.

Selanjutnya kedua mystery shopper juga melakukan pemeriksaan terkait implementasi inovasi Ditjen Badilag dan juga satuan kerja. Berdasarkan pemeriksaan, seluruh inovasi baik dari pusat maupun inovasi mendiri sudah dimaksimalkan dalam peningkatan pelayanan.

Kontributor : Sapuan

Editor : Hermin Sriwulan