Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Bertekad Meraih Predikat WBK, Pimpinan Pengadilan Agama (PA) Muara Enim Studi Banding ke Pengadilan Agama Magelang

Magelang (27/092023) Dalam rangka meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ketua PA Muara Enim Ibu Suspawati, S.Ag didampingi Panitera dan Sekretaris melakukan kunjungan studi ke Pengadilan Agama Magelang dalam rangka meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempelajari dan memahami praktik-praktik terbaik yang diterapkan oleh PA Magelang guna meningkatkan kualitas pelayanan di PA Muara Enim.

Baca Juga: Babak Akhir Penilaian WBBM, Tim Penilai Internal (BAWAS) dan Tim Penilai Nasional Zona Integritas (Kemenpan-RB) Lakukan Verifikasi di Pengadilan Agama Magelang

Kunjungan studi ini disambut langsung oleh Ketua PA Magelang Ibu Septianah, S.H.I., M.H. dan seluruh aparatur PA Magelang.

Dalam kunjungan tersebut team dari PA Muara Enim mengaku kagum dengan pelayanan yang diberikan oleh PA Magelang kepada masyarakat. Selama kunjungan, mereka memiliki kesempatan untuk melihat langsung penerapan inovasi unggulan PA Magelang, antara lain sistem Ecourt 100 persen (Espass), Go Ambyar (Gerai Online dan Ambil Sisa Biaya Panjar), dan Sistem Informasi Pengadilan Agama dan DUKCAPIL (Sipinuk).

Espass atau Ecourt 100 persen merupakan sistem elektronik yang digunakan oleh PA Magelang dalam pengelolaan proses persidangan secara terintegrasi. Sistem ini diketahui telah meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penanganan perkara. Selain itu, Go Ambyar merupakan bentuk pelayanan yang dilakukan oleh PA Magelang untuk dalam mengelola keuangan perkara bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia dengan memberikan produk berupa rekening nol rupiah kepada para pihak, yang nantinya produk tersebut diberikan kepada para pihak pada saat pendaftaran perkara yang nantinya rekening tersebut juga digunakan sebagai rekening untuk proses pengembalian panjar sisa biaya perkara yang dikembalikan melalui metode transfer langsung ke dalam rekening para pihak tersebut;
serta Sipinuk suatu sistem permohonan pembaruan data kependudukan yang terintegrasi antara Pengadilan Agama Magelang dengan Dukcapil Kota Magelang untuk mempermudah Dukcapil Kota Magelang dalam melakukan perubahan data kependudukan dalam hal ini status kawin pada KTP/KK.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua PA Muara Enim, Ibu Suspawati , S.Ag menyampaikan rasa kagumnya terhadap pelayanan yang diberikan oleh PA Magelang. Beliau merasa terinspirasi oleh inovasi-inovasi yang telah diterapkan dan berhasil meningkatkan kualitas pelayanan di PA Magelang. Srikandi kelahiran kota Solok ini berkomitmen untuk menerapkan inovasi tersebut di PA Muara Enim guna memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Sementara itu, Panitera dan Sekretaris PA Muara Enim juga mengungkapkan kesan yang sama terhadap pelayanan di PA Magelang. Mereka mengaku tertantang untuk melaksanakan pembaruan dan meningkatkan kualitas pelayanan di PA Muara Enim. Melalui kunjungan studi ini, mereka berharap dapat membawa perubahan positif dan meraih predikat WBK dan WBBM untuk PA Muara Enim.

Dalam suasana yang penuh semangat, rombongan dari PA Muara Enim berterima kasih kepada PA Magelang atas keramahan dan kesempatan untuk belajar dari pengalaman bertemu sesama pengadilan agama. Mereka berjanji untuk mengimplementasikan inovasi-inovasi yang telah dipelajari dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Muara Enim. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempelajari dan memahami praktik-praktik terbaik yang diterapkan oleh PA Magelang guna meningkatkan kualitas pelayanan di PA Muara Enim. (Spt)