Pengadilan Agama Magelang

pa magelang

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MAGELANG

Perkuat Komitmen, Sekretaris PA Magelang ikuti Seminar Anti Korupsi

Magelang – Jumat (25/02/2022) sekretaris PA Magelang, Adhi Kurniawan, S.Kom. mengikuti seminar anti korupsi yang diselenggarakan Badan Litbang Diklat Kumdil (BLDK) Mahkamah Agung RI secara daring.

Narasumber pada seminar yang dimulai pukul 09.00 WIB ini adalah perwakilan KPK dan Kemenpan RB.

“Hukum meminta untuk patuh, adat untuk minta kita bersabar, Assalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh, Bapak Ibu semua apa kabar?” sapa Niken, narasumber dari KPK mengawali pembukaan seminar ini.

Dalam kesempatan ini Niken menyampaikan bahwa KPK mempunyai dashboard survey penilaian integritas untuk semua Kementrian/Lembaga, dan pada berdasarkan survey tahun 2021, Nilai Penilaian Integritas MA adalah 82.72, lebih tinggi dari Kejaksaan maupun Kepolisian.

Selain itu, Niken juga menyampaikan mengenai interaksi dan titik rawan korupsi di pelayanan publik, pemahaman tentang gratifikasi, pungli maupun suap, konflik dan benturan kepentingan.

“Kita sudah disumpah pada saat menjadi ASN, harus berpegang teguh pada sumpah tersebut, bersumpah untuk menjaga integritas, integritas merupakan harga mati, mau digaji berapapun, harus tetap menjaga integritas, contoh kecil, jangan menggunakan fasilitas dinas untuk kebutuhan pribadi” ujarnya.

Selanjutnya, Narasumber dari Kemenpan RB mensosialisasikan Permenpan RB No. 20 Tahun 2021 yang diantara isinya menjelaskan perubahan-perubahan Permenpan RB No. 10 Tahun 2019

Sosialisasi dan kampanye anti korupsi, serta Evaluasi ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK ) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM ) yang diselenggarakan oleh BLDK MA ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat pemahaman dari tujuan Reformasi Birokrasi.

Kontributor : Adhi Kurniawan
Editor : M. A. Najib

Leave a Comment